Berita

183 Desa di Demak Gelar Pilkades, 6.090 Personel Gabungan Diterjunkan

Demak – Polres Demak menerjunkan 6.090 personel gabungan dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar, Jumat (16/10/2022) mendatang.

Sesuai rencana, Pilkades akan digelat di 183 desa di 14 kecamatan. Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono mengatakan, ribuan personel yang diterjunkan tersebut berasal dari petugas gabungan dari dalam ataupun luar Demak. Bahkan, pihaknya juga mendapat bantuan dari tiga polres terdekat

”Jadi untuk pengaman Pilkades, Polres Demak dibantu dengan kekuatan dari Kodim 0716 Demak sebanyak 310 personel, Brimob 60 personel, Dalmas Polda Jateng 30 personel, Polres Kudus 30 personel, Polres Jepara 30 personel, Polres Grobogan 30 personel, Satpol PP 60 personel dan Linmas 5.540 personel,” katanya.

Ia menjelaskan, saat ini para petugas tersebut sebagian juga sudah bekerja di lapangan. Apalagi, hari ini Sabtu (8/10/2022) sudah masuk dalam tahapan masa kampanye hingga Senin (10/10/2022)

”Sebagian sudah bekerja. Sasaran pengamanan kami fokuskan seperti, calon dan penyelenggara Pilkades, kotak suara, surat suara, peralatan atau barang yang digunakan sebagai alat penunjang Pilkades. Termasuk lokasi maupun objek vital lainnya baik saat kampanye dan pertemuan-pertemuan yang ada hubungannya dengan kegiatan Pilkades,” terang AKBP Budi.

Ia menjelaskan, langkah itu dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman selama Pilkades digelar. Ia pun mengaku tak ingin membuat warga yang sedang memilih calon kepala desa waswas.

”Pengamanan ini dilakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman serta mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Related Posts

1 of 1,624