Oktober 7, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah

4 Titik Banjir di Jalur Mudik Pantura Jateng, Diimbau Jalan Memutar

Demak – Sejumlah jalan raya Pantura Jawa Tengah diperkirakan akan tergenang banjir selama arus mudik sampai arus balik Lebaran 2022.

BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas menyatakan posisi matahari yang berada di titik equator akan menyebabkan munculnya bulan purnama.

1. Pantura diprediksi dilanda rob selama arus mudik dan arus balik

Kemunculan bulan purnama akan menyebabkan air pasang laut akan mengalami kenaikan yang signifikan di akhir April sampai pertengahan Mei 2022.

“Kenaikan air pasang akan terjadi di ruas jalan Pantura Jawa Tengah dari tanggal 20 April sampai pertengahan bulan Mei. Ketinggian air robnya sekitar 109 sentimeter,” ujar Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas, Retno Widyaningsih kepada IDN Times, Minggu (1/5/2022).

2. Pemudik diminta berjalan memutar

Retno mengimbau para pemudik lebih baik berjalan memutar arah ke jalan Mranggen Demak atau mencari jalur tikus untuk menghindari puncak banjir rob di Pantura.

Menurutnya banjir rob di Pantura dipastikan merepotkan para pemudik yang akan menuju Kendal, Semarang, Demak, Kudus maupun Jepara.

“Kita sudah mengamati lokasi-lokasi mudik yang rawan terkena banjir rob. Kerawanan muncul di arteri Kendal, Mangkang, arteri Yos Sudarso Semarang dan Sayung Demak. Banjir diprediksi muncul siang hari. Dari jam 1 siang sampai jam 5 sore,” kata Retno.

3. Laju kendaraan pemudik akan tersendat

Retno berkata banjir rob Pantura juga akan menghambat laju kendaraan berat yang melintasi kawasan tersebut. Selama arus mudik dan arus balik dirinya sudah berkoordinasi dengan Dishub dan aparat kepolisian untuk mengedukasi para pemudik agar terhindar dari banjir rob.

“Tentunya ini akan merepotkan pemudik. Kita sarankan yang naik motor maupun mobil sebaiknya hati-hati. Karena jalan yang bergelombang dan ada banjir biasanya membuat roda kendaraan bisa tergelincir. Harap waspada dan selalu memantau informasi perubahan cuaca dari BMKG,” ungkapnya.