JAKARTA – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi dikabarkan akan segera mundur atau pensiun dini dari anggota Polri.

Hal ini menyusul namanya yang terus diisukan akan maju bakal calon gubernur Jawa Tengah 2024.

Kabar itu disampaikan oleh Sekjen Golkar, Lodewijk F Paulus dalam konferensi pers mengenai Pilkada Serentak 2024. Dia membenarkan kabar adanya niatan Ahmad Luthfi mengakhiri dinas di Korps Bhayangkara.

“Jadi kita sabar. Saya dengar Pak Luthfi dalam waktu dekat segera akan mengakhiri ikatan dinas entah pensiun atau pensiun dini. Kita tunggu aja,” kata Lodewijk di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (18/7/2024).

Lodewijk mengakui bahwa partainya masih sedang membidik Ahmad Luthfi untuk maju di Pilgub Jawa Tengah 2024. Namun, keputusan tersebut masih tertunda karena jenderal bintang dua itu masih anggota Polri aktif.

“Kita masih menunggu. Karena Pak Luthfi masih anggota polri aktif. Kan nggak lucu Kapolri ngasih perintah. Partai Golkar kasih perintah. Jadi kita tunggu beliau pensiun. Ada waktu katakan 7-10 hari itu juga survei akan jalan setelah itu kita lihat kira-kira partai Golkar akan memberikan amanah itu kepada siapa. Kita tunggu,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Litbang Kompas merilis elektabilitas sejumlah tokoh untuk Pilkada DKI 2024 dan Pilkada Jawa Tengah 2024. Berikut merupakan hasil survei Litbang Kompas.

DKI Jakarta

Anies Baswedan 29,8 persen

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) 20 persen

Ridwan Kamil 8,5 persen

Erick Thohir 2,3 persen

Kaesang 1,0 persen

Jawa Tengah

Kaesang Pangarep 7 persen

Ahmad Luthfi 6,8 persen

Taj Yasin Maimoen 3,2 persen

Raffi Ahmad 2,8 persen

sumber: Tribunnews.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Arnanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia