KUDUS – Video yang mendokumentasikan seorang anggota Satuan Lalu Lintas Polres Kudus tersangkut di kap mobil Toyota Calya merah yang melaju ugal-ugalan di jalan raya wilayah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, viral di media sosial baru-baru ini.

Video itu salah satunya diunggah oleh akun Instagram @ramebareng. Hingga Minggu (4/8/2024) siang, video itu sudah ditonton 195.000 kali. Dalam postingan itu dinarasikan pengemudi Calya berpelat K 1048 C awalnya nekat menerobos pemeriksaan kelengkapan kendaraan di Jalan R Agil Kusumadya, Kecamatan Jati pada Jumat (2/8/2024). ]

Polisi yang berusaha mengadang lantas terbawa di atas kap mobil sejauh 500 meter. Polisi itu bisa turun setelah mobil melambat dan berhenti, lalu tancap gas lagi. Mobil itu akhirnya berhasil diberhentikan di Jalan Lingkar Jetak, Kudus, setelah sempat terjadi aksi kejar-kejaran dengan petugas Sat Lantas Polres Kudus serta warga.

Dalam video amatir berdurasi pendek itu terlihat anggota Sat Lantas Polres Kudus yang berseragam berjibaku di kap mobil supaya tidak terlepas dari mobil yang melaju kencang. Mobil itu berjalan tak terkendali dan sesekali zig-zag di jalan raya. Nampak penutup kepala putih atau topi pet milik Polantas itu terlempar dan jatuh ke jalan. Sang perekam yang menumpang mobil di belakang Calya merah terus saja berteriak mengkhawatirkan nasib polisi tersebut.

Di akhir rekaman, mobil Calya merah itu telah berhenti di pinggir jalan dengan dikerumuni massa. Nampak sedan patwal Sat Lantas Polres Kudus terparkir di sampingnya. Saat itu beberapa warga langsung menarik keluar sang sopir dan seorang penumpangnya. Kedua pria awak Calya yang terlihat berupaya melawan itu kemudian diamankan Sat Lantas Polres Kudus untuk pemeriksaan lebih lanjut. Wakil Kepala Polres Kudus, Kompol Satya Adi Nugraha membenarkan perihal tersebut. Namun menurut Satya, pengemudi Calya merah tersebut bukan menerobos razia yang digelar Sat Lantas Polres Kudus.

“Tidak ada razia pada saat itu, tapi anggota Sat Lantas Polres Kudus sedang bertugas pengamanan dan siaga sore di jalan raya. Karena dicurigai pelatnya dan saat mau diberhentikan untuk diperiksa malah nabrakin dan anggota kebawa. Untuk keterangan lengkapnya nunggu rilis dari Pak Kapolres Kudus,” terang Satya saat dihubungi, Minggu (4/8/2024).

sumber: Kompas.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo