Jepara – Polres Jepara | Kepolisian Resor (Polres) Jepara menggelar patroli dan pengaturan lalu lintas pagi di Jalan Pemuda dan titik rawan lain, Rabu (7/8/2024).

Kegiatan itu dipimpin langsung Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan didampingi Kasat Lantas Polres Jepara AKP Dionisius Yudi Christiano dan jajaran personel Polres Jepara.

Sambil mengatur lalu lintas, polisi membantu anak-anak yang menyeberang jalan agar aman. Setiap pagi, memang banyak anak harus menyeberang jalan untuk tiba di sekolah.

Bahkan, Kapolres Jepara dan jajarannya juga membagikan susu kepada anak-anak yang dijumpai. Tentu saja mereka merasa senang mendapat susu gratis dari Pak Polisi.

Saat ditemui disela-sela kegiatan, Kapolres Jepara mengatakan, bahwa tujuan utama kegiatan itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, terutama anak-anak.

Patroli, pengaturan lalu lintas dan penjagaan titik rawan di pagi hari bertujuan menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas di wilayah hukumnya.

“Pengaturan lalu lintas pagi untuk membantu kelancaran arus lalu lintas, mempermudah masyarakat yang hendak bekerja, dan memastikan anak-anak menyeberang jalan dengan aman,” ujar AKBP Wahyu.

Pembagian susu gratis kepada siswa SD, seperti di SDN 2 Panggang, dimaksudkan meningkatkan asupan gizi sesuai program pemerintah dan memberikan stimulus semangat belajar.

“Ini juga demi mendekatkan polisi dengan anak-anak, sehingga mereka merasa lebih aman dan diperhatikan,” imbuhnya.

Meski malu-malu, anak-anak tampak senang menerima susu gratis dari pak Polisi. Mereka tersenyum sambil mengucapkan terima kasih. “Terima kasih Pak Polisi,” ujar gadis berseragam merah putih motif kotak.

Kegiatan itu mendapatkan sambutan positif dari masyarakat, khususnya guru hingga orang tua siswa. Mereka merasa terbantu dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan sehingga menjadi contoh bagi wilayah lainnya.

Salah satunya, Kepala Sekolah SD Negeri 2 Panggang Jepara Siti Mahmudah, yang menyampaikan apresiasinya kepada Kapolres Jepara beserta jajaran yang telah menggelar kegiatan arus pengaturan lalu lintas sekaligus memilih lokasi pemberian susu di sekolahnya.

“Kami apresiasi sekali dengan adanya pengaturan arus lalu lintas dan pembagian susu gratis ini, semua anak-anak gembira. Apalagi kadang banyak anak-anak yang beberapa waktu belakang belum minum susu. Semoga kegiatan ini terus berlanjut,” ujarnya.

Dengan kegiatan inovatif ini, Polres Jepara menunjukkan komitmennya dalam menjaga ketertiban dan keamanan lalu lintas serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama anak-anak. Semoga inovasi ini dapat menjadi inspirasi bagi kepolisian di daerah lain untuk mengadakan kegiatan serupa.

 

AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Polres Jepara, Kapolres Jepara, Kabupaten Jepara, Pemda Jepara, Jepara, Kapolda Jateng, Wakapolda Jateng, Kabidhumas Polda Jateng, Jateng