Palangka Raya – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, menerima kunjungan silaturahmi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (Kakanwil ATR/BPN) Prov. Kalteng Dr. Ir. Fitriyani Hasibuan di Loby Mapolda setempat, Senin (12/8/2024) siang.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda juga didampingi Wakapolda Brigjen Pol Dr. Rakhmad Setyadi, S.IK., S.H., M.H. , dan sejumlah pejabat utama Polda, serta turut dihadiri sejumlah anggota Kanwil ATR/BPN lainnya.

Kapolda Kalteng melalui Kabidhumas Kombes Pol Erlan Munaji, S.IK., M.Si. menyampaikan, audiensi ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara Polda Kalteng dengan Kanwil ATR/BPN.

“Selain itu, audiensi kali ini juga membahas terkait mitigasi dalam permasalahan tanah akibat adanya tumpang tindih kepemilikan tanah,” ungkap Kabidhumas.

Lebih lanjut, Erlan menjelaskan bahwa dalam menanggapi terkait permasalahan di bidang pertanahan tersebut Kapolda telah membentuk Satuan tugas (Satgas) Penanganan Konflik Sosial (PKS) yang melibatkan stakeholder terkait, termasuk juga Kakanwil ATR/BPN Kalteng sebagai Kepala Pertanahan.

“Diharapkan kedepan BPN bisa terlibat dalam Satgas PKS ini, tujuannya untuk menjelaskan terkait posisi tanah dan regulasi di bidang pertanahan, sehingga dapat mencegah terjadinya konflik sosial seperti sengketa lahan dimasyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Kakanwil ATR/BPN Kalteng mengucapkan terimakasih dan apresiasi secara langsung kepada Kapolda Kalteng atas sinergitas yang sudah terjalin selama ini.

“Kami apresiasi atas kerjasama selama ini dan berharap dukungan dari Polri dalam menindaklanjuti terkait permasalahan di Bidang Pertanahan. Tujuannya untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di Bumi Tambun Bungai,” tutup Fitriyani. (adji/sam)

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, Kepolisian Daerah Kalteng, Polisi Kalteng