Jepara – Polisi harus hadir di tengah masyarakat guna mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, serta keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Inilah commander wish atau harapan dan keinginan komandan, dalam hal ini Kapolda Jateng Brigjen Ribut Hari Wibowo, yang oleh jajaran personel Polres Jepara diwujudkan dengan pengaturan arus lalu lintas atau Ambang Gangguan (AG).

Dalam pelaksanaannya, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan bersama Wakapolres Jepara Kompol Indra Jaya Syafputra dan pejabat utama Polres Jepara turun langsung ke jalan guna melakukan pengecekan pengaturan arus lalu lintas.

Sebelum terjun ke lapangan, Kapolres Jepara melakukan apel di halaman Mapolsek Jepara Kota, pada hari Selasa (13/8/2024).

“Kemudian kami lakukan pengecekan pengaturan arus lalu lintas pagi hari pada anggota yang tergelar di lapangan,” ujar AKBP Wahyu.

Dalam pelaksanaan pengaturan arus lalu lintas ini, Polres Jepara menerjunkan petugas kepolisian baik yang berpakaian dinas maupun yang berpakaian preman seperti dari Sat Reskrim dan Sat Intelkam.

Para personel menempati wilayah yang ditentukan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat di titik-titik kerawanan lalu lintas yang ada di wilayah hukum Polres Jepara.

“Pengaturan arus lalu lintas pada pagi hari, sebelumnya telah kita lakukan secara rutin. Namun pada kegiatan ini, kita optimalkan seluruh personel untuk hadir di tengah masyarakat melakukan pengaturan lalu lintas di jalan,” ucapnya.

Kapolres berharap dalam kegiatan pengaturan arus lalu lintas yang digelar secara rutin di pagi hari dapat mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kedisiplinan pada para pengguna jalan.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Jepara Iptu Rusiyanto menyampaikan, bahwa pemandangan seperti ini akan senantiasa terlihat setiap hari di seluruh Kabupaten Jepara.

Dia menuturkan, bahwa program ini menindaklanjuti program Kapolda Jateng yang baru Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo, untuk kembali menggelorakan program Commander Wish Polda Jateng, yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepolisian kepada masyarakat.

“Program ini diluncurkan oleh Kapolda Jateng untuk menciptakan kepolisian yang profesional, modern, dan terpercaya, dengan kehadiran polisi yang melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat di setiap jalan seperti saat ini,” tuturnya.

“Untuk mendukung program Commander Wish ini, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan telah memerintahkan seluruh anggota Polres Jepara baik anggota staf Mapolres hingga sampai ke Polsek-Polsek, Perwira ataupun Bintara, wajib hadir ditengah masyarakat setiap pagi, siang ataupun jam sibuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tambah Iptu Rusiyanto.

“Ini sangat penting kita lakukan, dan kegiatan ini merupakan salah satu upaya penguatan fungsi preventif kepolisian, dalam rangka pencegahan kejahatan melalui peningkatan patroli, kegiatan sosialisasi, dan kerjasama dengan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif, saat mereka bertugas dilapangan,” pungkasnya. (*)

 

Polres Jepara, Kapolres Jepara, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Pemkab Jepara, Kabupaten Jepara, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Jepara, Polisi Jepara, Wahyu Nugroho, Artanto, Ribut Hari Wibowo