Palangka Raya – Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pengambilan sumpah dan penandatanganan Pakta Integritas pendidikan pengembangan umum (Dikbangum) terpadu tahun anggaran 2024, bertempat di Aula Arya Dharma, Mapolda setempat, Selasa (13/8/24) pagi.

Adapun Dikbangum terpadu yang digelar kali ini meliputi, pendidikan pengembangan perwira tinggi (Dikbangti), pendidikan pengembangan perwira menengah (Dikbangmen) dan Perwira Alih Golongan (PAG).

Kegiatan yang terpusat di Mabes Polri tersebut, dipimpin oleh Asisten Sumber Daya Manusia (As SDM) Kapolri, Irjen Pol Prof. Dr. Dedi Prasetyo dan diikuti seluruh peserta dari Polda se-Indonesia secara virtual.

Karo SDM Polda Kalteng Kombes Pol Leo Surya mewakili Kapolda Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto menyampaikan bahwa seleksi ini merupakan suatu kesempatan bagi seluruh personel Polri yang
memenuhi syarat untuk meningkatkan kemampuan dan pengembangan karir.

“Saya berharap kepada seluruh peserta seleksi, agar dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin, tetap menjaga kesehatan dan selalu percaya kepada kemampuan diri sendiri. Upayakan semaksimal mungkin dalambmenjalani tes,” ucap Karo SDM.

Lebih lanjut, Leo juga menekankan kepada seluruh panitia dan peserta seleksi agar memegang teguh komitmen prinsip BETAH (bersih, transparan, akuntabel, dan humanis) dalam mewujudkan proses seleksi yang baik dan berkualitas.

Sementara itu, Kabidhumas Kombes Pol Erlan Munaji, S.IK., M.Si. menambahkan, bahwa dalam seleksi kali ini sebanyak 195 peserta telah terdaftar dalam seleksi Dikbangum terpadu di Polda Kalteng.

Adapun rincian jumlah peserta terdiri dari, empat peserta mengikuti seleksi Dikbangti, 25 peserta mengikuti seleksi Dikbangmen, dan 166 peserta mengikuti seleksi PAG.

Erlan menegaskan bahwa penandatangan pakta integritas ini sebagai bukti Polda Kalteng berkomitmen akan menjalankan tahapan tes dengan sebaik-baiknya.

“Pada penerimaan ini kami menerapkan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis (Betah) serta Clear dan Clean, guna mewujudkan generasi Polri yang Presisi sesuai harapan Pimpinan Polri dan masyarakat Indonesia,” tutupnya.