Jepara – Polres Jepara | Kepolisian Resor (Polres) Jepara melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) menggelar kegiatan pembinaan dan pelatihan terhadap anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Kegiatan pembinaan dan pelatihan digelar di Kantor Satpol PP Kabupaten Jepara, Jumat (16/8/2024).

Kegiatan yang dikemas dalam Pembinaan dan Koordinasi Polisi Khusus (Binkorpolsus) dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Jepara AKP Uji Andi Haryono didampingi Kanit Binkamsa Sat Binmas Polres Jepara Ipda Joko Suhaji dan anggota Sat Binmas Polres Jepara serta diikuti 25 Satpol PP Jepara.

Kasat Binmas AKP Uji Andi mengatakan, tugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memiliki peranan penting dalam menegakan peraturan daerah (Perda) yang dibuat oleh Pemerintah Daerah.

“Peran Satpol PP cukup penting membantu tugas Polri serta menguasai aturan atau Perda yang berlaku,” ujarnya.

Ia berharap, Satpol PP dalam bertugas di lapangan hendaknya dapat menghindari benturan dengan masyarakat.

Selain itu, Kasat Binmas mengharapkan agar Pelatihan yang diberikan dapat bermanfaat dalam meningkatkan kapasitas dan kemampuan Satpol PP.

“Pembinaan dan pelatihan agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ucap AKP Uji Andi.

Ia mengaku banyak materi dan pelatihan dasar lainnya.

“Sejumlah materi yang diberikan kepada anggota Satpol PP diantaranya, dengan merefresh kembali Tupoksi, pengaturan dijalan selalu mengutamakan keselamatan diri, sehingga bisa mengatur arus lalin dan tanpa kendala dalam tugas hingga sikap dasar dari PBB termasuk gerakan ditempat, gerakan meninggalkan tempat, serta cara penghormatan yang benar. Selain itu juga diberikan latihan dasar bela diri Polri diantaranya cara memukul, menangkis dan melumpuhkan lawan,” jelasnya.

AKP Uji Andi juga menambahkan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan dengan tujuan meningkatkan kerjasama dan kekompakan yang dikemas dalam kegiatan Binkorpolsus. (*)

 

Polres Jepara, Kapolres Jepara, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Pemkab Jepara, Kabupaten Jepara, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Jepara, Polisi Jepara, Wahyu Nugroho, Artanto, Ribut Hari Wibowo