Palangka Raya – Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan apel gelar pasukan ‘Operasi Mantap Praja Telabang 2024’, bertempat di Lapangan Barigas Mapolda setempat. Selasa (27/8/2024) pagi.

Dalam apel yang diikuti personel gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP tersebut, dipimpin oleh Irwasda Polda Kalteng Kombes Pol Dr. Benny Ganda Sudjana, mewakili Kapolda Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, dan dihadiri seluruh pejabat utama Polda, Kasiops Korem 102 Panju Panjung serta Kasatpol PP Prov. Kalteng.

Pada kesempatan tersebut, Irwasda Polda Kalteng selaku Kawasops OMP Telabang 2024 menyampaikan, gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel, baik dari TNI, Polri serta unsur pendukung lainnya sebelum diterjunkan untuk pengamanan masa tahapan Pilkada 2024.

“Saya berharap melalui kegiatan ini, jaminan keamanan dalam berbagai agenda demokrasi seperti pemilihan kepala daerah saat ini dapat terwujud dengan aman, lancar dan damai,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa Pilkada serentak tahun 2024 kali ini memiliki kerawanan dan karakteristik cukup tinggi, sehingga dapat menimbulkan potensi gangguan kamtibmas.

“Oleh itu, untuk mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas ini, pihaknya akan mengerahkan sebanyak 4.624 personel Polri yang dibantu personel TNI dan stakeholder terkait. Tentunya dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif serta intelijen,” ungkap Benny.

Sementara itu, Kasatgashumas Kombes Pol Erlan Munaji yang sehari hari menjabat Kabidhumas menambahkan bahwa Polda Kalteng telah berkomitmen menjamin kemananan dalam pelaksanaan Pesta demokrasi Pilkada serentak 2024.

Lebih dalam, Erlan juga menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kerukunan persatuan dan kesatuan ditengah kontestasi Pilkada ini, serta tidak menyebarkan hoaks atau berita bohong dan Hate Speech yang menimbulkan konflik sosial.

“Mari kita bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas, demi terwujudnya suksesi Pilkada 2024 di Prov. Kalteng aman dan nyaman,” ajaknya.

Diakhir kesempatan, Kasatgashumas menegaskan kepada seluruh personel Polda Kalteng agar selalu menjaga netralitas serta tidak terlibat dalam politik praktis.

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, Kepolisian Daerah Kalteng, Polisi Kalteng