BANYUWANGI – Polresta Banyuwangi telah menyiapkan strategi matang dalam memastikan keamanan perhelatan Internasional mulai 1-5 September 2024 yakni Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 2024 dan High Level Forum on Multi Stakeholders Partnership (HLF-MSP) 2024 di Bali.

Strategi tersebut yakni Tactical Floor Game (TFG) yang menjadi salah satu upaya yang diterapkan Polresta Banyuwangi di Pelabuhan Ketapang. Diterapkanya strategi pengamanan di Pelabuhan Ketapang tersebut karena pelabuhan tersebut menjadi gerbang masuk menuju Bali.

Dipimpin langsung oleh Kapolresta Banyuwangi Kombes Nanang Haryono, S.H., S.I.K., M.Si., dengan diwakili oleh Wakapolresta Banyuwangi AKBP Dewa Putu Eka, S.I.K., M.H.,TFG digelar untuk mengetahui plotting anggota yang terlibat langsung dalam Operasi Puri Agung II 2024 secara gamblang.

Dengan TFG tersebut, dikatakan oleh AKBP Dewa, tidak boleh ada alasan bagi anggota untuk mengelak atau lalai atas tugas pokok fungsi dan tanggung jawab yang harus dijalankan selama Operasi Puri Agung II 2024 berjalan.

“Penekanan pada rekan-rekan yang bertugas khususnya di pintu masuk jangan ragu untuk bertindak apabila ditemukannya barang-barang yang diduga membahayakan dan segera untuk diamankan. Segera dilaporkan secara berjenjang kepada pimpinan,” kat AKBP Dewa kepada seluruh anggota pada, Kamis (29/8/2024).

Dalam pemaparan TFG tersebut, Polres Jajajaran seperti Polres Bondowoso, Polres Jember dan Polres Situbondo ikut menyaksikan langsung jalannya TFG melalui Zoom meeting.

Kasatgas Pamwil Jatim Ops Puri Agung II 2024 Kombes Pol. Budi Karyono, S.H., menambahkan setiap unsur yang bertugas harus melaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan disertai doa.

“Untuk pelaksanaan tugas selalu dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab serta berdoa agar pelaksanaan Operasi Puri Agung II 2024 dalam rangka pengamanan HLF MSP dan IAF ke-2 2024 berjalan dengan aman dan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Banyuwangi Kompol Idham dalam paparannya menegaskan, operasi imbangan di Banyuwangi menjadi vital lantaran wilayah Banyuwangi beririsan langsung dengan Bali.

“Bahwasannya wilayah Banyuwangi yang merupakan irisan dari Provinsi Bali sebagai venue penyelenggaraan HLF MSP dan IAF ke-2 2024 perlu melakukan operasi imbangan guna mengantisipasi adanya kemungkinan-kemungkinan yang dapat menganggu jalannya HLF MSP dan IAF ke-2 2024,” tutur Kompol Idham.

“Dikarenakan ini adalah perhelatan internasional maka diharapkan semua anggota yang terlibat harus melaksanakan kegiatan dengan penuh tanggung jawab dan segera laporkan hasilnya guna pelaporan ke Pusat,” imbuh Kompol Idham.

sumber: timesindonesia

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono