SURAKARTA – Dalam upaya menciptakan kondisi aman menjelang Pilkada Serentak 2024, Polresta Surakarta menggelar operasi di tempat hiburan malam di beberapa titik, termasuk sebuah kafe di sepanjang Jalan Gatsu, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta.

Pada penggeledahan yang dilakukan, polisi memeriksa seluruh ruangan dan meminta keterangan serta identitas puluhan pengunjung, dengan fokus pada pencegahan pengunjung di bawah umur.

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol. Iwan Saktiadi, menjelaskan bahwa razia ini bertujuan untuk mengantisipasi peredaran miras dan narkoba serta mengurangi kejahatan jalanan yang sering dipicu oleh pengaruh minuman keras.

“Pada operasi dini hari, Senin (23/09/2024), sekitar pukul 01.00 WIB, kami tidak menemukan pengunjung di bawah umur, dan kafe tersebut sudah dilengkapi dengan izin,” jelasnya saat dihubungi, Kamis (26/9/24).

Kapolresta menambahkan bahwa razia akan dilakukan secara rutin, baik pada malam maupun dini hari, sesuai dengan situasi di lapangan. “Operasi ini mengutamakan tindakan preventif, namun bagi yang melanggar, kami akan memberikan sanksi tegas,” tegasnya.

Ia menegaskan bahwa tujuan utama dari operasi ini adalah untuk mencegah gangguan keamanan dan menghindari potensi konflik sosial yang dapat mengganggu ketertiban, terutama menjelang Pilkada.

“Cooling System ini penting agar masyarakat merasakan kehadiran kami dalam menjaga ketertiban dan keamanan,” pungkas Kombes Iwan.

Komentar Nara Sumber: Kombes Iwan menekankan bahwa kehadiran polisi di tempat hiburan malam adalah langkah proaktif untuk memastikan keselamatan masyarakat.

“Kami ingin memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga, serta memastikan bahwa kegiatan sosial berlangsung tertib,” tutupnya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai