Banyumas – Satresnarkoba Polresta Banyumas dan PWI Banyumas, Jawa Tengah menggelar bakti sosial yang ’’agak laen’’ ke masyarakat. Yakni memberikan bantuan keranda jenazah serta tempat pemandian jenazah atau pesucen.

Bantuan yang ’’agak laen’’ itu disalurkan di Desa Pasir Kulon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tempat penyerahan bantuan juga dilakukan di tempat yang tak biasanya, yakni di Tempat Pemakaman umum Grumbul Karangkinasih desa setempat.

Kasatresnarkoba Polresta Banyumas Kompol Willy Budiyanto dan Wakil Ketua PWI Banyumas Driyanto menyerahkan bantuan itu secara langsung pada Ketua RT 03 RW 05 desa setempat dengan disaksikan Kepala Desa Pasir Kulon Muhammad Samsi.

Kasatresnarkoba Polresta Banyumas Kompol Willy Budiyanto mengatakan, ide pemberian bantuan itu berawal dari agenda Ngopi Bareng yang diinisiasi Kapolresta Banyumas Kombespol Ari Wibowo.

’’Jadi, kapolsek-kapolsek diminta untuk lebih dekat dengan masyarakat dengan cara ngopi bareng,’’ katanya, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (28/9/2024).

Dari agenda itu, Kapolsek Karanglewas AKP Sutardiana menginformasikan ada salah satu desa di wilayahnya membutuhkan keranda jenazah. Informasi itu kemudian ditindaklanjuti oleh Satresnarkoba Polresta Banyumas.

Pihaknya kemudian mengumpulkan sebagian rezeki anggota satuannya untuk memberikan bantuan berupa keranda jenazah yang selanjutnya diserahkan melalui kegiatan bakti sosial di Desa Pasir Kulon.

’’Alhamdulillah hari ini bisa terwujud dan diantar ke sini. Kami juga ada komunikasi dengan teman-teman wartawan yang turut membantu menyumbang pesucen,’’ katanya.

Tak hanya keranda, pihaknya kemudian melengkapi bantuan tersebut dengan pesucen. Ia berharap bantuan itu bermanfaat bagi warga Desa Pasir Kulon khususnya yang bermukim di Grumbul Karangkinasih.

Sementara itu, Wakil Ketua PWI Banyumas Driyanto mengatakan kegiatan bakti sosial tersebut merupakan wujud sinergi wartawan dan Satresnarkoba Polresta Banyumas.

’’Wartawan tidak hanya membuat berita, tetapi ada kepedulian sosial dengan memberikan bantuan berupa pesucen ini. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga Desa Pasir Kulon,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Pasir Kulon Muhammad Samsi menyampaikan terima kasih atas bantuan berupa keranda jenazah berikut pesucen yang diberikan Satresnarkoba Polresta Banyumas bersama PWI Banyumas.

Ia menjelaskan, selama ini warga Grumbul Karangkinasih kesulitan ketika harus membawa jenazah warganya ke pemakaman. Sebab, lokasinya cukup jauh dari grumbul-grumbul lainnya di Desa Pasir Kulon. Pihaknya pun harus meminjam keranda dari desa terdekat, yakni Desa Pasir Wetan.

’’Grumbul ini hanya dihuni 22 keluarga yang menempati 18 rumah, sehingga kesulitan jika harus iuran untuk membeli keranda yang harganya mencapai jutaan rupiah,’’ katanya.

Selain itu, kata dia, akses jalan menuju TPU Grumbul Karangkinasih juga sulit karena harus melewati pematang sawah dan tepian jalur rel kereta api.

Oleh karena itu ketika ada warga yang meninggal dunia dan hendak dimakamkan, lanjut dia, iring-iringan pengantar jenazah terpaksa harus melewati sawah meskipun ada tanamannya.

Ia mengaku bersyukur karena sejumlah warga telah mewakafkan sebagian lahannya untuk dijadikan sebagai jalan menuju pemakaman.

sumber: Murianews.com

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai