Banyumas – Membantu kesulitan warga Dusun Karang Kinangsih Desa Pasir Kulon, Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Polresta Banyumas melalui Satuan Reserse Narkoba memberikan bantuan keranda dan tempat pensucian jenazah yabg berlangsung Sabtu ( 28/9/2024) siang.

Selama ini masyarakat di Dusun Karang Kinangsih, tidak memiliki keranda dan tempat pensucian jenazah. Jika ada warganya yang meninggal, mereka meminjam keranda dan perlengkapan memandijan jenazah kepada warga desa lain. Selain itu akses menuju ke kuburan berupa hamparan sawah.

Kasat Resnarkoba Komisaris Polisi Willy Budiyanto mengatakan, pihakanya mendapatkan laporan dari Kapolsek Karanglewas mengenai kesulitan warga tersebut. Selanjutnya anggotanya iuran membeli keranda, dan tempat memandikan jenazah.

“Alhamdulillah hari ini bisa terwujud dan diantar ke sini. Kami juga ada komunikasi dengan teman-teman wartawan yang turut membantu menyumbang pesucen,” kata Willy.

Sementara itu, Kades Pasir Kulon Muhammad Samsi mengatakan bantuan keranda dan tempat pemandian jenazah ini samgat berguna bagi warganya. Selain dengan adanya bantuan ini, juga memicu warga untuk bergotong royong membangun rumah keranda.

Tak hanya itu ada sejumlah warga yang mewakafkan tanahnya, sebagai akses menuju ke pemakaman. Sehingga tidak lagi harus melewati lahan persawahan, ketika akan memakamkan warga yang meninggal.

” Ketika ada warga yang meninggal dunia dan hendak dimakamkan, iring-iringan pengantar jenazah terpaksa harus melewati sawah meskipun ada tanamannya. Bantuan ini memacu warga juga ikut bergotongroyong,” kata Samsi.

Penyerahan bantuan keranda dan tempat memandikan jenazah, dilaksanakan di pemakaman setempat. Sebelumnya rombongan personil Satres Narkoba Polresta Banyumas dan wartawan Banyumas, mengendari sepeda motor dari Polsek Karanglewas menuju ke Dusun Karang Kinangsih.

sumber: rri.co

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai