Kota Tegal – Pendidikan dan Pelatihan Satuan Pengamanan (Satpam) Gada Pratama yang digelar oleh BUJP PT. Surya Artha Wiguna, secara resmi ditutup oleh Dirbinmas Polda Jawa Tengah.

Pemberian Sertifikat kepada perwakilan peserta menandai penutupan Diklat Satpam Kualifikasi Gada Pratama. Kegiatan tersebut berlangsung di kampus SUMP Negeri Tegal, Selasa (1/10/2024).

Kasi Binlat Subditsatpampolsus Kompol Dewi Indah Utami, S.H., S.I.K saat membacakan sambutan Dirbinmas Polda Jateng mengatakan, pendidikan dan latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para calon anggota satpam dalam menghadapi tantangan tugas.

“Untuk itu perlu adanya suatu pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan. Hal ini untuk meningkatkan kapasitas profesionalisme anggota Satpam dalam bertugas,” kata Kompol Dewi.

Menurutnya, Satpam sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa merupakan Implementasi dari Community Policing (Polmas). Dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif pada lingkungan tugasnya masing–masing.

“Satpam adalah salah satu mitra utama Polri dalam memelihara Kamtibmas. Oleh karena itu setiap anggota satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal,” tegasnya.

Kompol Dewi juga berpesan kepada para peserta, sebagai kepanjangan tugas dan pengemban fungsi kepolisian terbatas. Oleh sebab itu, harus selalu mengingat apa yang telah diperoleh selama pendidikan. Karena semua itu merupakan bekal dalam pelaksanaan tugas agar tidak salah langkah dalam bertindak.

“Jaga sikap dan attitude, dalam melayani baik sesama rekan maupun kepada masyarakat. Senyum, sapa dan salam jangan pernah ketinggalan,” pesan Kompol Dewi.

Ketika menegur, lanjutnya, gunakan bahasa atau kalimat yang baik dan tidak menyakiti. Sesuaikan dengan etika yang berlaku pada lingkungan kerjanya.

Kemudian, kompetesi dasar satpam juga wajib paham, sehingga dapat menerapkan dalam pelaksanan tugasnya. Jaga penampilan, percaya diri dan jangan lupa harus ada persiapan atau perencanaan dalam setiap tugas.

“Karena ketika perencanaannya bagus, Insha Allah hasilnya tidak akan jauh dan mengecewakan. Selain itu, juga harus memahami gerakan pengaturan lalulintas, cara penjagaan, pengawalan, patroli maupun pengamanan TKP,” jelasnya.

Mewakili Dirbinmas, Kompol Dewi juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Direktur Utama PT. Surya Artha Wiguna. Yang telah memberikan kepercayaan kepada Polda Jateng dalam pelaksanaan Diklat Satpam Gada Pratama yang terlaksana di Polres Tegal Kota.

Pada giat penutupan Diklat Satpam Gada Pratama tersebut, turut hadir Kasatbinmas bersama jajaran, Direktur PT. Surya Artha Wiguna bersama perwakilan Baznas Kota dan Kabupaten Tegal serta Disnakerin Kota Tegal.

Sumber : AnalisNews

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo