BANYUWANGI – Polresta Banyuwangi punya gebrakan baru. Pihak korps baju cokelat ini meluncurkan program ”Mobil Sayur” dengan membagi-bagikan sayuran gratis kepada masyarakat.

Layaknya pedagang mlijo (sayuran) keliling, aneka sayuran ditata rapi dalam mobil. Setiap hari Jumat, Mobil Sayur tersebut blusukan ke kampung-kampung terpencil.

Belasan emak-emak mengerumuni mobil bertuliskan ”Polresta Banyuwangi” di dua kampung terpencil di Banyuwangi pada Jumat pagi lalu (27/9).

Mobil tersebut dikawal langsung oleh dua perwira, yaitu AKP Karnoto dan Ipda Ririn Nurfiah serta seorang bintara, Bripka Andrianto.

Kendaraan roda empat tersebut tidak dirancang khusus untuk mengangkut sayuran. Sehari-harinya, mobil tersebut dipakai siaran keliling untuk sosialisasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Ketika difungsikan sebagai Mobil Sayur, pintu samping mobil dirancang lebih mudah dibuka. Begitu dibuka, di dalamnya ada meja kecil dan kursi.

Di atas meja tertata rapi aneka sayuran, persis lapak sayuran di kios-kios penjual kebutuhan rumah tangga.

Ada bayam, kangkung, sawi, tomat, terong, cabai, timun, dan sayuran lainnya. Tempe dan tahu juga tersedia.

Mobil Sayur beroperasi setiap hari Jumat. Berangkat dari Polresta Banyuwangi dengan sasaran yang sudah ditentukan.

Pada Jumat lalu (27/9), tempat yang dituju di Desa Rejosari, Kecamatan Glagah dan Lingkungan Beran, Kelurahan Sumberrejo, Banyuwangi.

Sasaran sengaja dipilih pelosok perkampungan yang dari sisi ekonomi masyarakatnya kurang mampu.

Selama keliling kampung, petugas juga membawa megafon. Selain membagikan sayuran gratis, polisi juga memberikan pencerahan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat.

Apalagi menjelang pilkada, masyarakat tidak boleh terprovokasi dengan hasutan-hasutan yang bisa memecah belah persaudaraan.

Mobil Sayur berangkat setelah apel pagi di Mapolresta Banyuwangi. Tepat pukul 07.30, mobil meluncur ke lokasi yang sudah dijadwalkan. Begitu tiba di Rejosari, mobil berhenti di salah satu titik keramaian kampung.

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono