HUMBANGHASUNDUTAN – Rutan Kelas IIB Humbang Hasundutan Kanwil Kemenkumham Sumut menggelar kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid At-Taubah Rutan Humbang Hasundutan, Rabu (09/10/2024).

Sahat Parsaulian, Karutan Humbang Hasundutan Kanwil Kemenkumham Sumut menyampaikan bahwa kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini memiliki arti dan makna yang mendalam terutama dalam meneladani budi pekerti dan akhlak Rasulullah SAW dalam kehidupannya.

Ia juga menambahkan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW juga merupakan salah satu wujud pembinaan kerohanian terhadap WBP. Ia mengatakan keimanan dan ketaqwaan haruslah ditingkatkan bagi WBP selama menjalani masa pidana di Rutan.

“Rutan adalah kampus kehidupan tempat teman-teman untuk berubah menjadi lebih baik. Semua aspek baik rohani maupun jasmani kita perbaiki disini agar menjadi pribadi yang lebih baik dari pada yang sebelumnya khususnya dalam hal iman dan taqwa. Oleh karenanya,mari kita maknai Maulid ini bukan hanya sebagai peringatan semata saja, numun juga sebagai penambah iman dan taqwa kita dalam meneladani Rasulullah SAW,” ujar Sahat dalam sambutannya.

Acara intinya langsung dibawakan oleh Ust. H. Fathurroman Legiman. Diawali dengan beberapa pantut yang mencairkan suasana. Dalam ceramah, beliau menyampaikan tentang hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW. Ia mengajak seluruh hadirin agar selalu memperbanyak salawat dalam menjalankan segala aktivitas agar kelak mendapat syafaatnya.

“Mari kita mencintai Rasulullah dalam kehidupan di dunia dengan tiga aspek, yaitu membaca salawat, sirah nabawi, dan mutabah. Amalkan warisan Rasulullah, yaitu Al-qur’an dan salawat,” pesannya.

Tak hanya itu, Ust. H. Fathurroman Legiman juga mengajak seluruh WBP yang hadir dalam peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW untuk perbanyak sabar dan mohon ampun kepada Allah.

“Gunakan waktu di sini untuk dekat dengan Allah SWT. Mohon ampunan kepada-Nya dan tingkatkan kesabaran dalam diri,” ajaknya.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan pembagian snack untuk seluruh warga binaan dan pegawai yang mengikuti kegiatan ini.

sumber: Tribun-Medan.com

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Kepolisian Resor Humbahas, Polisi Humbahas, Kepolisian Resor Humbang Hasandutan