BANYUMAS – Tiga orang diamankan polisi karena diduga merusak baliho kotak kosong di Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (7/10/2024) malam. Video peristiwa tersebut pun dengan cepat menyebar melalui aplikasi WhatsApp. Kasat Reskrim Polresta Banyumas Kompol Andriansyah Rithas Hasibuan mengatakan, peristiwa itu awalnya diketahui salah satu warga di sekitar lokasi.

“Salah satu warga mengetahui (perusakan), kemudian dibawa dan dikumpulkan di (Polsek) Sumbang,” kata Andriansyah di Mapolresta, Selasa (8/10/2024).

Setelah menerima informasi tersebut, anggota Satreskrim mendatangi lokasi. Ancaman pada Negara Hukum Artikel Kompas.id “Kami datang ke TKP, kemudian kami menganjurkan untuk membuat pengaduan karena harus ada yang mengadukan. Iya (pelaku) kami bawa ke sini,” kata dia.

Menurut Andriasnyah, ada dua baliho yang dirusak. Namun, pada saat proses pemeriksaan, pihak yang memasang baliho dan pihak yang merusak sepakat berdamai. “Pada saat pemeriksaan, kedua belah pihak ada titik temu,” katanya lagi.

Berakhir dengan damai

Sementara itu, Kapolresta Banyumas Kombes Ari Wibowo mengatakan, persoalan tersebut berakhir damai.

“Kemarin (malam) sudah kami bawa ke sini, beberapa pihak dipertemukan, kami mediasi dan sudah saling memaafkan,” kata Ari. Seperti diketahui, Pilkada Banyumas hanya diikuti satu pasangan calon. Sejak memasuki masa kampanye, mulai bermunculan baliho dan alat peraga kampanye lain yang berisi ajakan memilih kotak kosong.

sumber: Kompas.com

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai