Banyumas –  Polresta Kabupaten Banyumas mempersiapkan Operasi Mantap Praja Candi 2024 untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada tahun ini. Khususnya di wilayah Kabupaten Banyumas.

Hal tersebut disampaikan Kasat Binmas Polresta Banyumas, Kompol Agus Subiyanto. Ia menyatakan bahwa berbagai subsatgas telah dibentuk untuk melaksanakan tugas pengamanan dan pengawalan dalam Pilkada.

“Kita sudah membentuk subsatgas dari berbagai bidang, seperti BIMAS, Intel, dan lainnya, yang masing-masing memiliki tugas dalam pengamanan kegiatan Pilkada,” kata Kompol Agus saat diwawancarai RRI, Jumat (11/10/2024).

Selain itu, Polresta Banyumas juga menyiapkan subsatgas VVIP yang bertugas sebagai pengawal pribadi bagi calon bupati dan calon wakil bupati. Lalu, pihaknya juga telah melatih personel tersebut dan berkoordinasi dengan TNI serta Pemda untuk pelaksanaan pengamanan ini.

“Kami sudah melaksanakan simulasi pengamanan untuk antisipasi konflik yang mungkin terjadi saat Pilkada. Pelatihan-pelatihan ini dilakukan agar personel kami siap menangani setiap kemungkinan konflik yang muncul,” katanya, menjelaskan.

Salah satu tantangan utama dalam pengamanan Pilkada tahun ini adalah pelaksanaannya yang serentak di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga sulit untuk meminta bantuan dari kabupaten lain jika terjadi gangguan besar.

Ia berharap agar seluruh tahapan Pilkada dapat berjalan lancar dan aman tanpa gangguan yang berarti. Agar pelaksanaan Pilkada tahun ini bisa berlangsung dengan aman, damai, dan tanpa ada gangguan menonjol.

“Sehingga masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

sumber: rri.co

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai