MALANG – Dispangtan Kota Malang dan Polresta Malang Kota MERESPON kejadian matinya 16 kucing di Jalan Danau Maninjau Barat 1 Blok B1 Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang dengan mendatangli lokasi hari ini, Selasa (15/10/2024).

Pihak Dispangtan Kota Malang melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan bersama pihak kepolisian melalui Bhabinkamtibmas mendatangi lokasi kejadian pada Selasa (15/10/2024) siang.

Mereka datang untuk memastikan terkait kebenaran dari peristiwa matinya belasan kucing tersebut.

Kepala Dispangtan Kota Malang, Slamet Husnan membenarkan dugaan kucing mati karena racun cukup menguat.

“Setelah viral, tidak ada lagi kejadian serupa. Kemungkinan besar jika matinya karena diracun, maka pelaku merasa diawasi dan tidak melakukannya lagi,” jelasnya, Selasa (15/10/2024).

Meski dugaan itu menguat, namun bukti-bukti masih minim didapatkan khususnya dari rekaman CCTV.

Pasalnya dari rekaman CCTV yang ada, tidak ada satupun yang memperlihatkan seseorang membuang makanan yang dicampur racun atau gelagat aneh lainnya.

“Dari rekaman CCTV yang ada, belum mendukung adanya indikasi orang meracun kucing. Kemudian saksi mata yang melihat langsung, juga tidak ditemukan,” tambahnya.

Berkaca dari kejadian ini, pihak Dispangtan Kota Malang mengimbau kepada para pemilik kucing untuk dapat menjaga hewan peliharaan kucingnya dengan baik, dan tidak sampai mengganggu tetangga sekitar.

“Dari informasi yang kami dapat di lokasi dan sebelum peristiwa ini terjadi, ada pembahasan warga untuk lebih memperhatikan keberadaan kucingnya. Apalagi ada indikasi, kucing ini buang kotoran sembarangan lalu memanjat genteng atap rumah,”

“Oleh karenanya, kami imbau untuk lebih dijaga atau lebih baik ditaruh di kandang saja,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kucing-kucing di Sawojajar itu mati dalam kurun waktu 6 hari sejak Sabtu (5/10/2024) hingga Kamis (10/10/2024).

Diduga, belasan kucing itu mati akibat diracun oleh seseorang tidak bertanggung jawab.

Sumber : SURYAMALANG.COM

 

Polresta Malang Kota, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Nanang Haryono, Malang Kota, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Malang Kota, Resta Malang Kota, Kepolisian Resor Malang Kota, Polisi Resor Kota Malang, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Pemkab Malang Kota, Kabupaten Malang Kota, Kodya Malang, Pemkot Malang Kota, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Nanang Haryono