BANJARNEGARA – Polres Banjarnegara melaksanakan sosialisasi terkait Operasi Zebra Candi 2024 kepada pengguna jalan di Simpang 4 Kodim Banjarnegara pada Selasa (15/10/2024).

Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, SH, SIK, MH, melalui Kasat Lantas Polres, AKP Mohamad Bimo Seno, S.Tr.K, SIK, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya tertib berlalu lintas.

acara tersebut, personel memberikan informasi dan brosur, serta menempelkan stiker sebagai bagian dari upaya mensukseskan Operasi Zebra Candi 2024.

“Kami mengedukasi masyarakat tentang pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran dalam kampanye keselamatan ini,” jelasnya di Mapolres Banjarnegara.

Suhardi berharap kegiatan ini dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam mematuhi aturan lalu lintas, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan, khususnya di Kabupaten Banjarnegara.

“Kami ingin masyarakat memahami tujuan dari Operasi Zebra Candi 2024,” tambahnya.

Operasi ini berlangsung selama 14 hari, dari 14 hingga 27 Oktober 2024, dengan tema “Melalui Operasi Zebra Candi 2024, kita tingkatkan kemampuan personel untuk mendukung pelantikan presiden/wakil presiden terpilih dan mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi terciptanya Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman.”

Operasi ini diadakan sebagai upaya menjaga kondisi lalu lintas menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih serta Pilkada serentak di wilayah hukum Polres Banjarnegara.

Kegiatan selama operasi mencakup pendekatan edukatif dan persuasif yang humanis, serta penegakan hukum melalui penggunaan kamera ETLE dan tindakan di luar jangkauan ETLE untuk mendorong disiplin berlalu lintas di masyarakat.

“Ada 69 personel Polres yang terlibat. Fokus utama operasi ini adalah mengidentifikasi potensi gangguan, baik yang terdeteksi maupun yang nyata, yang dapat menyebabkan kemacetan dan kecelakaan,” ungkapnya.

Penindakan pelanggaran lalu lintas akan mencakup semua pengemudi dan kendaraan yang melanggar aturan.

Ini termasuk penggunaan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, tidak menggunakan sabuk keselamatan, berkendara di bawah pengaruh alkohol, serta pelanggaran rambu dan marka jalan.

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohammad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Banjarnegara, Polisi Banjarnegara, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai