Kota Malang – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang menindaklanjuti kasus 16 kucing mati massal. Dari hasil identifikasi bidang peternakan dan kesehatan hewan Dispangtan Kota Malang, kematian massal kucing mengarah pada keracunan.
Kepala Dispangtan Kota Malang Slamet Husnan Hariyadi mengatakan petugas bidang peternakan dan kesehatan hewan telah datang ke lokasi belasan kucing mati di Jalan Maninjau Barat blok B-1 RT 1-4, RW 8 Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

“Kami dengan Babinkhamtibmas dan perwakilan kelurahan berkunjung ke lokasi kemarin (15/10). Yang datang teman-teman bidang peternakan dan kesehatan hewan. Mereka mencari informasi dari pemilik-pemilik kucing (yang mati),” ujar Slamet kepada detikJatim, Rabu (16/10/2024).

“Dari informasi yang didapat, ada kucing mati mendadak bersamaan terjadi beberapa waktu lalu dengan ciri-ciri mulut berbusa, ada juga yang tidak berbusa, ada juga yang kejang-kejang dan akhirnya mati. Dari ciri-ciri kejang-kejang, mengerang dan berbusa itu mengarahnya ke keracunan,” sambungnya.

Kendati demikian, Slamet tidak bisa memberikan penjelasan secara detail terkait racun jenis apa yang membuat kucing-kucing tersebut mati. Sebab, pihaknya tidak bisa mengambil sampel karena kejadian sudah lama dan seluruh bangkai kucing sudah dikubur.

“Itu kejadiannya sudah lama dan sudah dikuburkan. Kami juga tidak bisa memastikan apakah kucing-kucing ini mati karena keracunan atau diracun,” terangnya.

“Atas adanya kejadian tersebut, kami mensosialisasikan bahwa pemilik hewan peliharaan sebisanya membuat kandang dan hewan peliharaannya tidak dilepas liarkan. Terkadang seperti kucing ketika dilepaskan membuat warga lain tidak nyaman,” imbuhnya.

Sebagai informasi, kurang lebih ada sebanyak 16 kucing liar maupun peliharaan yang mati mendadak secara beruntun sejak Sabtu (5/10) sampai Kamis (10/10). Sebelum kucing-kucing mati, sebagian menunjukkan ciri kejang-kejang, mengeluarkan busa dari mulut dan pada akhirnya tubuhnya kaku.

Sumber : detik.com

 

Polresta Malang Kota, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Nanang Haryono, Malang Kota, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Malang Kota, Resta Malang Kota, Kepolisian Resor Malang Kota, Polisi Resor Kota Malang, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Pemkab Malang Kota, Kabupaten Malang Kota, Kodya Malang, Pemkot Malang Kota, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Nanang Haryono