SEMARANG – Angka kecelakaan lalu lintas menonjol di wilayah hukum Polres Semarang mengalami peningkatan, dalam satu bulan terakhir. Bahkan kasus kecelakaan dengan angka fatalitas melonjak dalam sepekan terakhir.

Hal ini terungkap dalam acara Silaturahmi dan Ngobrol Bareng Jajaran Satlantas Polres Semarang bersama Awak Media, di Banaran Skyview, Kampoeng Kopi Banaran, Bawen, Kabupaten Semarang, Senin (21/10/202).

Kasatlantas Polres Semarang, AKP Lingga Ramadhani mengatakan –dibandingkan dengan bulan sebelumnya– peningkatan angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Semarang ini cukup menonjol.

Bahkan, lanjutnya, lonjakan kecelakaan lalu lintas dengan angka fatalitas yang terjadi dalam sepekan terakhir tergolong cukup drastis, karena dalam dua hari merenggut lima korban jiwa.

“Jumat (18/10) kami menangani kecelakaan dengan empat korban jiwa di ruas tol KM 432+600 Jumat, Sabtu (19/10) kasus kecelakaan kembali terjadi dengan satu korban meninggal dunia,” ungkap Lingga.

Jadi, masih kata Lingga, peningkatan dari zero korban jiwa –dari pekan sebelumnya– menjadi lima korban jiwa pada pekan berikutnya sudah termasuk tinggi dan hitungan persentasenya sidah 500 persen.

“Satu korban jiwa (meninggal dunia) saja hitungannya sudah 100 persen, apalagi ini mencapai lima korban jiwa, maka hitungan lonjakannya adalah 500 persen,” jelas mantan Kasatlantas Polres Demak ini.

Hal ini tentu menjadi perhatian khusus Kapolres Semarang serta jajaran Satlantas Polres Semarang untuk melakukan berbagai upaya guna menekan terjadinya angka kecelakaan menonjol.

Termasuk gencar melakukan sosialisasib pentingnya keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran (kamseltibcar) berlalu lintas di jalan raya bersama- sama dengan media massa.

Tujuannya untuk memberikan pemahaman dan menyadarkan masyarakat agar senantiasa waspada, berhati- hati dan mematuhi aturan berlalu lintas yang berkeselamatan di jalan raya.

“Sebab yang diperhitungkan bukan banyaknya (kuantitas) terjadinya kasus kecelakaan lalu lintas, tetapi seberapa banyak angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas di jalan raya,” tandas Lingga.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai