Desember 4, 2022
Jawa Tengah
Berita

Ada Tradisi Meron, Polres Pati Alihkan Arus Lalin Pati-Purwodadi

Pati – Satlantas Polres Pati akan melakukan pengalihan arus lalu lintas saat puncak penyelenggaraan tradisi meron di wilayah Kecamatan Sukolilo.

Tradisi meron merupakan ritual turun-temurun di Desa/Kecamatan Sukolilo, Pati, dalam memperingati maulid Nabi Muhammad SAW.

Tradisi ini berkaitan dengan Sekaten di Surakarta. Di dalamnya ada prosesi karnaval serta arak-arakan gunungan yang tentu akan mempengaruhi arus lalu-lintas.

Kaur Bin Ops Satlantas Polres Pati Ipda Muslimin mengatakan, pengalihan arus lalu lintas pada pelaksanaan tradisi Meron di Sukolilo akan dilakukan pada Sabtu dan Minggu, 8-9 Oktober 2022.

“Pengalihan dilakukan di ruas Jalan Pati-Purwodadi, di sekitar Sukolilo tepatnya, sehubungan dengan akan dilaksanakannya rangkaian tradisi meron. Diawali karnaval Sabtu pukul 06.00-13.00 WIB, lalu lanjut malam harinya pukul 18.00-22.00. Kemudian puncak perayaan meron pada Minggu pagi pukul 06.00-13.00,” terang Ipda Muslimin.

Pada jam-jam tersebut, lanjut dia, pihaknya akan melakukan pengalihan arus lalu lintas dari Pati menuju Purwodadi/Solo, begitu pula dari Solo/Purwodadi ke arah Pati.

“Arus lalu lintas dari arah Pati kami alihkan mulai dari Jalur Lingkar Selatan Tanjang ke kanan menuju arah Kudus, setelah dari Kudus bisa mengambil ke arah Purwodadi. Begitu pula dari Purwodadi/Solo menuju Pati kami alihkan mulai pertigaan SMA Grobogan ke kiri menuju ke wilayah Kudus baru menuju ke Pati,” ujar dia.

Ipda Muslimin mengimbau para pengguna jalan dari Solo/Purwodadi yang akan menuju Pati atau sebaliknya agar menghindari ruas jalan Pati-Purwodadi, khususnya yang ada di wilayah Sukolilo, selama pelaksanaan tradisi meron.