Klaten – Tiang penerangan jalan umum di jalan Jogja-Solo, Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Klaten ambruk. Tiang baja tersebut ambruk akibat diterjang angin dan hujan.
“Kejadian sekitar jam 15.00 WIB. Hujan sudah agak reda, ada angin tapi juga karena memang mungkin sudah rapuh,” kata pegiat komunitas relawan Indonesia (KRI), Parwito kepada detikJateng di lokasi kejadian, Jumat (19/1/2024).

Dijelaskan Parwito, saat kejadian lalu lintas sedikit sepi sehingga tidak menimpa kendaraan. Hanya saja kabelnya sempat tersangkut truk.

“Sempat tersangkut truk tapi tidak rusak. Tidak ada yang luka, truk langsung pergi dan tiang kita pinggirkan,” kata Parwito.

Tiang PJU di jalan Jogja-Solo Kecamatan Ceper, Klaten ambruk. Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng
Dengan kejadian itu, jelas Parwito, kemungkinan tiang aus juga harus diselidiki. Sebab, usia tiang PJU tersebut diduga sudah cukup tua umurnya.

“Tiang lampu sudah lama itu, sudah lebih dari 20 tahun. Perlu ada pengecekan dari pihak terkait sehingga tidak jatuh korban,” imbuh Parwito.

Pantauan detikJateng, tiang PJU tersebut tingginya sekitar 10 meter dengan bentuk kerucut. Besi di bagian bawah terlihat sudah keropos dan berkarat.

Akibat kejadian tersebut, lalu lintas dari arah Jogja maupun Solo sempat macet saat proses evakuasi. Anggota Satlantas Polres Klaten mengatur lalu lintas di simpang empat Besole, sedang tim gabungan Dinas Perhubungan, TRC BPBD, Damkar, relawan berada di lokasi.

Anggota regu 1 Damkar Satpol-PP Pemkab Klaten, Tri Hatmoko menyatakan tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Evakuasi sudah dilakukan.

“Sudah dievakuasi ke pinggir jalan tetapi kita koordinasikan dengan Dinas Perhubungan karena selanjutnya ditangani dinas,” ungkap Tri kepada detikJateng di lokasi.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, #KerenTanpaKnalpotBrong, #JatengBebasKnalpotBrong, #StopKnalpotBrong