SEMARANG – Aksi penyelamatan heroik dilakukan oleh seorang anggota Bhabinkamtibmas yang menolong korban laka tunggal pada mobil yang terguling akibat ban pecah di Jalan Diponegoro pada Jum’at (3/5).

Aipsa Ragil Sugiyanto anggota Bhabinkamtibmas Lempongsari Polsek Gajahmungkur Semarang, dalam aksinya telah berhasil mengevakuasi 3 korban yakni seorang pengemudi wanita berinisial A, wanita lanjut usia dan seorang balita.

Aipda Ragil Sugiyanto mengatakan, bahwa ia pada saat sedang bertugas mengunjungi kantor PT Pertamina Gas Negara mendengar seperti ledakan ban pecah.

“Mendengar ledakan tersebut, saya lari ke lokasi dan ternyata terjadi kecelakaan tunggal sebuah mobil Mitsubishi Xpander terguling akibat ban pecah,” kata Aipda Ragil dalam keteranganya di Pos Pam Lantas Simpang Lima Semarang, Jumat (3/5).

Lanjutnya, ia langsung melakukan evakuasi terhadap korban yang masih terjebak di dalam mobil.
“Saya lari ke lokasi kemudian mencari pengemudi mobil tersebut dan kebetulan posisi pintu terkunci. Dibantu pengendara lain, kami berusaha menaiki mobil tersebut. Alhamdulillah, pengemudi kondisi sadar kunci terbuka, kami buka pintu komunikasi dan kami evakuasi anak paling kecil, ibunya, terus pengemudi,” terangnya.

Aipda Ragil menambahkan, ia juga sempat meminta warga yang tengah merokok untuk menjauh dari mobil, berjaga jika ada bensin yang tumpah.

Ditempat yang sama, Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yunaldi memberikan apresiasi terhadap Aipda Ragil Sugiyanto yang telah menolong korban yang dalam kondisi selamat tersebut.

“Apresiasi untuk Aipda Ragil yang mantan anggota Lantas yang telah memberikan contoh aparat yang bagus menolong korban menyelamatkan nyawa korban,” Kata AKBP Yunaldi.

Kasatlantas juga menerangkan bahwa kejadian tersebut awalya mobil Xpander melaju dari arah Selatan (Gajahmungkur) menuju ke Utara (Simpang Lima) dan mengalami ban pecah di bagian depan sebelah kiri.
“Karena ban pecah, mobil oleng ke kiri nabrak tiang listrik dan kemudian oleng ke kanan dan terguling. Kemudian ada motor dibelakangnya, karena panik pemotor tersebut jatuh,” terangnya.

Dalam laka tunggal tersebut, tidak ada korban jiwa, hanya penumpang mobil mengalami syok dan dua orang yang berboncengan mengendarai motor mengalami luka ringan karena saat kejadian berada di belakang persis mobil tersebut.
“Kami himbau kepada masyarakat untuk hati-hati sebelum mengendarai kendaraan. Siapkan kendaraanya, cek semuanya sebelum melakukan perjalanan,” tutup AKBP Yunaldi.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono