Medan – Seorang warga di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut) terkena serangan jantung saat mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Usai dirawat, korban dilaporkan meninggal dunia.
“Kemudian, ada satu di Humbang Hasundutan, ada warga kita yang berada di TPS kemudian terkena serangan jantung. Kemudian kita rawat dan innalilahi hari ini kita berduka cita karena yang bersangkutan meninggal,” kata Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi saat meninjau TPS di Kota Medan, Rabu (14/2/2024).

Agung tidak memerinci identitas dan kronologi kejadian itu. Namun, dia turut berdoa agar korban dapat diberikan tempat yang terbaik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Semoga kita doakan yang bersangkutan diterima segala amal kebaikan,” jelasnya.

Jenderal bintang dua itu lalu menjelaskan soal pengamanan yang dilakukan oleh petugas kepolisian dalam proses pemilu ini. Agung mengaku dirinya bersama Pj Gubernur dan Pangdam juga telah mengecek sejumlah TPS yang ada di beberapa daerah di Sumut.

“Kita bisa melihat dalam pantauan kami yang kita kelola melalui sistem operasi terpadu kami di seluruh jajaran di seluruh TPS, kami memantau bahwa hari ini hal-hal yang menonjol terkait penyelenggaraan pemilu tidak ada, semua berjalan,” sebutnya.

“Beberapa kegiatan tambahan kita untuk mengawal surat suara dari gudang KPU yang karena kekurangan atau hal yang lain terjadi di TPS, sudah berlangsung dengan baik. Artinya sudah sampai penambahan surat suara yang kurang dan sebagainya,” sambung Agung.

Mantan Kapolda Riau itu mengatakan pihaknya akan terus mengawal proses pemilu itu. Dia memastikan proses pemilu ini akan berjalan dengan aman.

“Tentu kendali keamanan terus kita kelola sampai nanti proses penghitungan, perekapan pergeseran nanti logistik pemilu dari TPS ke PPK, PPK ke KPU dan seterusnya. Kita akan terus menjaga bersama-sama,” ujar Agung.

Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto mengatakan peristiwa itu terjadi di Desa Sibongkare, Kecamatan Tarabintang. Namun, Hary belum memerinci identitas korban.

“Kejadian di TPS 1 Desa Sibongkare,” ujarnya.

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Polda Sumut, Sumatra Utara, Poldasu