Semarang –  Polres Semarang mengeluarkan himbauan kerawanan situasi dimalam hari terhadap Kamtibmas di wilayah Kabupaten Semarang. Himbauan itu dilakukan untuk antisipasi perilaku menyimpang kalangan remaja .

Waka Polres, Kompol Fandy Setiawan menuturkan pihaknya mengeluarkan himbauan kepada para orang tua untuk lebih ekstra terhadap anak-anaknya. Orang tua diharapkan memberikan pengawasan, terutama pada jam setelah pulang sekolah dan jam malam.

“Kepada anak-anaknya, yang berusia remaja saat jam-jam pulang sekolah, terutama pada malam hari untuk berkegiatan dirumah. Baik kegiatan bersama keluarga, maupun kegiatan belajar mandiri,” ungkapnya, Rabu (25/9/2024).

Fandy menuturkan fenomena ini merupakan pencarian jati diri atau transisi, bahwa perkembangan usia anak-anak menuju ke usia dewasa. Pergaulan remaja dalam bergaul, dimana ada kecenderungan mencoba hal-hal yang menuju kearah hal negatif.

“Melihat kejadian di Bandungan, bisa dijadikan pelajaran bagi orang tua yang mempunyai anak di usia remaja. Meskipun tidak terlibat langsung, paling tidak mengantisipasi agar tidak menjadi korban pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” jelasnya.

Pihaknya bersama Polsek jajaran rutin melakukan giat patroli malam hari, dengan meningkatkan Intensitas patroli malam. Patroli menyasar daerah-daerah rawan, lokasi-lokasi keramaian serta mendapati remaja yang sedang berkumpul.

“Apabila ada remaja yang berkumpul lalu ditemukan sesuatu mengarah ke kegiatan negatif, misalnya adanya miras atau senjata tajam. Langsung kami lakukan tindakan pencegahan, namun jika kegiatan itu positif, kami berikan himbauan kamtibmas,” tutrnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan kegiatan himbauan di sekolah untuk memberikan himbauan akan hal-hal menyimpang di kalangan remaja. “Kami akan terus melakukan koordinasi dengan pihak sekolah dengan menggandeng Dinas Pendidikan maupun guru BK dimasing-masing sekolah,” pungkasnya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai