Oktober 7, 2022
Jawa Tengah
Berita Current Issue Headlines Jelajah

Antisipasi Kriminalitas, Polres Demak Perketat Pengamanan Objek Wisata selama Libur Lebaran

DEMAK – Polres Demak memperketat pengamanan objek wisata selama musim libur Lebaran. Langkah ini untuk mengantisipasi tindak kriminalitas maupun kejadian lainnya agar masyarakat bisa berwisata dengan aman dan nyaman.

Kapolres Demak AKBP Budi Andhy Buono mengatakan, momen libur Lebaran diikuti mudik disinyalir akan membuat lonjakan mobilitas masyarakat, terutama pada destinasi wisata.

Polres Demak melakukan skenario untuk mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas, mengingat di wilayah Kabupaten Demak terdapat sejumlah objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

“Di Demak ada destinasi wisata Pantai Glagahwangi, Pantai Morosari, serta wahana wisata seperti Demak Green Garden hingga sejumlah kolam renang. Khusus untuk destinasi wisata di Pantai Glagahwangi, kami mendirikan pos pelayanan di sana,” katanya, Rabu (4/5/2022).

Kapolres mengatakan, pendirian pos pelayanan di pantai Glagahwangi lantaran setiap hari libur objek wisata ini selalu dipadati pengunjung. Terlebih pada masa liburan lebaran, diperkirakan akan terjadi lonjakan wisatawan.

“Sedangkan pengamanan objek wisata lainnya, saya sudah perintahkan ke seluruh Kapolsek jajaran untuk melakukan pengamanan tempat wisata yang ada di wilayahnya,” ujarnya.

Menurutnya, diperbolehkannya masyarakat untuk melakukan mudik pada tahun ini, lokasi objek wisata seperti pantai dan wahana bermain anak di Kabupaten Demak banyak diburu masyarakat saat libur Lebaran 2022.

Oleh karena itu, ratusan personel polisi dikerahkan untuk menjaga keamanan di lokasi. “Sebanyak 100 personel, kita siapkan untuk pengamanan sejumlah wisata di Demak,” sebutnya.

Selain pantai dan wahana bermain, polisi juga mengawal area wisata religi Masjid Agung Demak dan Komplek Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu. “Beberapa pantai dan obyek wisata itu selalu ramai. Sehingga kita kerahkan personel untuk melakukan pengamanan,” ujarnya.