Oktober 7, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah

Antisipasi Macet Arus Mudik, Polda Jateng Siagakan Tim Urai

Batang – Polda Jateng siagakan Tim Urai untuk menangani kemacetan yang rawan terjadi saat arus mudik.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi didampingi Pejabat Utama Polda dan Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto saat meninjau Pos Pelayanan Alun-alun Kabupaten Batang, Kamis (28/4/2022).

“Anggota semuanya sudah disiapkan. Mereka akan mengendarai sepeda motor, bukan mobil untuk mengurai titik-titik rawan kemacetan,” ungkapnya.

Ia menerangkan, beberapa titik kemacetan di jalur Pantura antara lain mulai dari rel kereta api Kota Pekalongan dan beberapa titik simpul lampu rambu-rambu lalu lintas.

“Semuanya akan ditangani oleh Tim Urai secara cepat,” tegasnya.

Ia memastikan, untuk mengantisipasi kemacetan yang rawan terjadi di jalur Pantura, seluruh Pos Pengamanan (Pospam) akan diaktifkan kembali.

“Jalur Pantura disiapkan untuk pengalihan arus, mulai Polres Kendal, Batang, Pekalongan Kota, Pemalang dan Tegal,” bebernya.

Semuanya langkah dilakukan untuk merekayasa arus agar masyarakat tetap bisa melewati jalur Pantura dengan nyaman. Demikian pula di jalur selatan sehingga pemudik dapat melewatinya dengan nyaman.

Kapolda mengimbau, kepada para pemudik sebelum melakukan perjalanan siapkan kendaraan dengan baik dan pastikan kondisi badan sehat serta prima.

“Tidak perlu terburu-buru dan jaga kesehatan kita. Pastikan kita mengetahui kekuatan dalam mengemudi, titik lelah dan jenuh itu ada batasnya, maksimal setelah 3 jam berkendara harus mencari rest area terdekat untuk beristirahat,” tandasnya.