SEMARANG – Polres Semarang menggelar apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Candi 2024 bertempat di Lapangan Catur Prasetya pada Sabtu (2/3/2024). Kegiatan ini bertujuan memitigasi pelanggaran dan fatalitas di wilayah Kabupaten Semarang.

Dalam apel yang dipimpin oleh Kapolres Semarang, AKBP Achmad Oka Mahendra, turut dihadiri Sekda Kabupaten Semarang, Drs. Djarot Supriyanto, yang mewakili Bupati Semarang, dan tokoh-tokoh penting lainnya.

Kapolres Semarang, dalam amanatnya, menyoroti strategi preemtif, preventif, dan penegakan hukum (Gakkum) sebagai langkah utama mengurangi pelanggaran dan kecelakaan.

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 difokuskan pada menciptakan kondisi keselamatan menjelang Ramadhan dengan pendekatan humanis dan edukatif, serta sebagai langkah cipta kondisi Kamseltibcar Lantas menjelang Idul Fitri 1445 H, juga sebagai langkah konkret untuk menurunkan angka kecelakaan.

“Operasi akan berjalan selama 14 hari dimulai tanggal 4 Maret hingga 17 Maret 2024, dan kami sampaikan selain angka pelanggaran yang mengalami penurunan 11%, dari jumlah penindakan tilang juga mengalami penurunan 43%. Yaitu pada 2022 sebanyak 485.368 lembar tilang, dan di tahun 2023 menjadi 278.022 lembar tilang,” ucap Kapolres.

Sekda Kabupaten Semarang, Djarot Supriyanto menyatakan, Pemerintah Kabupaten Semarang mendukung penuh terhadap kegiatan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024, bersama unsur TNI dan instansi terkait. Dia menekankan tingginya jumlah kendaraan sebagai potensi angka pelanggaran dan fatalitas kecelakaan yang tinggi.

“Jumlah angka kendaraan yang terus bertambah dari hari ke hari, diperkirakan akan pada tingginya angka pelanggaran dan fatalitas kecelakaan. Oleh sebab itu, kami akan mendukung jajaran Polres Semarang dan juga bersama Stakeholder terkait, akan mendukung penuh kegiatan Ops. Keselamatan Candi 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan Polres Semarang 2024,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga diwarnai dengan pembacaan ikrar perwakilan anggota Club Otomotif Kabupaten Semarang, menunjukkan dukungan dari berbagai komunitas, termasuk Ojek Online, pelajar, mahasiswa, dan komunitas motor. Perwakilan dari berbagai kalangan berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya tertib berlalu lintas di jalan raya, terutama di kalangan anak muda.

 

Polrestabes Semarang, Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar, Kota Semarang, Pemkot Semarang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng