Klaten – Video penangkapan pria yang disebut sebagai pelaku pencurian kendaraan bermotor di Klaten viral di media sosial. Pelaku ditangkap warga yang mengenali wajah pelaku lewat rekaman CCTV pencurian dua hari sebelumnya.
Video penangkapan pelaku ini salah satunya diunggah akun Instagram @infocegatanklaten. Pelaku disebutkan ditangkap warga di tepi Jalan Jogja-Solo, Desa Mlese, Kecamatan Ceper, Klaten.

“Alhamdulilah terduga pelaku curanmor beberapa hari yg lalu di Ngaran Mlese Ceper berhasil ketangkap. Lokasi Bangjo Ngaran mlese, depan Alfamart pukul 06.00 pagi hari tadi.. Pelaku Di curigai Orang Setempat dengan ciri ciri sama seperti di cctv, dan langsung di amankan .. Sebelumnya pelaku mau Naik Bus, .. Info dari Tetangga… Trimakasih,” tulis akun Instagram infocegatanklaten dalam unggahannya, dikutip detikJateng, Jumat (23/2/2024).

Dalam postingan tersebut disertakan video berdurasi sekitar 30 detik. Terlihat dalam rekaman seorang pria bertubuh tinggi besar dikerumuni warga dan polisi.

Beberapa warga yang emosi hendak mendekati pelaku tapi dicegah polisi. Polisi kemudian membawa pria berkaos biru dan celana pendek biru itu pergi sampai akhirnya massa bubar.

Pemilik sepeda motor, Abdulloh Al Mabroery (46) menceritakan pelaku ditangkap sekitar pukul 06.00 WIB. Tetangganya yang berada di tepi jalan raya melihat pelaku yang berjalan kaki mencurigakan. Saksi kemudian melaporkan ke rumahnya.

“Warga datang ke rumah, cerita ada orang mencurigakan jalan ke timur mirip orang di CCTV mencuri motor saya. Langsung saya ke lokasi,” ungkap Abdulloh kepada detikJateng dengan bahasa Jawa yang diterjemahkan.

Di lokasi, tutur Abdulloh, pelaku dari selatan menyeberang jalan hendak mencegat bus ke arah Solo. Saat itu warga lain mulai berdatangan ke lokasi kemudian pelaku naik bus.

“Pelaku naik bus, tapi bus dicegat warga. Saya lari dan warga menurunkan pelaku, saya turunkan, saya buka topinya ternyata benar orangnya, warga terus berdatangan,” imbuh Abdulloh.

Abdulloh juga memperlihatkan surat laporan kehilangan motor Supra nopol AD 5594 YV pada hari Rabu 21 Februari 2024. Dalam surat laporan ke Polres Klaten itu disebut sepeda motor hilang saat diparkir di depan masjid.

Kapolsek Ceper AKP Aris Joko Narimo tidak membantah kejadian yang viral tersebut. Namun kasusnya masih dikembangkan.

“Masih dikembangkan. Kita masih cari BB (barang bukti) sepeda motornya ke Salatiga,” jawab Aris saat diminta konfirmasi detikJateng.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono