Banjarnegara – Polres Banjarnegara melakukan kegiatan pengamanan dan pengaturan lalu lintas pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Banjarnegara di sekitar Kota dan KPUD Kabupaten Banjarnegara, Rabu (28/8/2024).

Kapolres Banjarnegara AKBP Erick Budi Santoso, SH, SIK, MH mengatakan, bahwa kegitan pengamanan pendaftaran ini merupakan rangkaian Operasi Mantap Praja Candi 2024, dimana opersi ini bertujuan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

“Terhitung mulai tanggal 27 Agustus 2024 sampai dengan pelantikan paslon terpilih,” katanya di Mapolres Banjarnegara.

Ia menjelaskan, pengamanan dilakukan guna mengantisipasi kerawanan gangguan kamtibmas dan situasi keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“Petugas melakukan penganturan lalu lintas dan patroli untuk mengantisipasi serta meminimalisir tindak kejahatan ,” ucap dia.

Ia mengungkapkan, pengamanan pendaftaran dilakukan dengan melibatkan personel gabungan baik itu Reskrim, Lalu lintas, Samapta, Intelijen, Provos serta anggota polsek untuk mengamankan jalannya kegiatan tersebut.

“73 Personel melakukan pengamanan dan pengawasan untuk melakukan tindakan awal apabila ada kejadian yang dapat menggangu stabilitas Kamtibmas dan memberikan rasa aman dan nyaman serta memberikan kelancaran saat kegiatan tersebut,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, juga dilakukan pengaturan lalu lintas untuk menekan kerawanan Kamtibmas dan kamseltibcarlantas.

“Sehingga tercipta keamanan dan kenyamanan serta meminimalisir angka kemacetan dan kecelakaan lalu lintas dijalan,” bebernya.

Ia menambahkan, Operasi Mantap Praja Candi 2024 merupakan pengamanan seluruh rangkaian kegiatan Pilkada Serentak tahun 2024 dengan mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif yang didukung kegiatan deteksi intelijen, penindakan, penegakkan hukum serta kegiatan fungsi kepolisian lainnya sehingga terwujud situasi Kamtibmas yang kondusif di seluruh wilayah Hukum Polres Banjarnegara.

“Sasaran operasi ini diantaranya Kantor KPU, Kantor Parpol, Kantor PPK, PPS, KPPS, Lokasi TPS, Mako dan Asrama Polri dan tempat untuk perhitungan suara, sedangkan sasaran orang diantaranya Ketua KPUD, Ketua Bawaslu, Pers PPK, PPS, KPPS, Pantarlih, Jurkam dan semua yang terlibat dalam Pilkada serentak ini ” tandasnya.

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohammad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Banjarnegara, Polisi Banjarnegara, Artanto, Ribut Hari Wibowo