Semarang – Aksi balap liar di Jalan Kokrosono Kota Semarang dibubarkan oleh Tim Elang Utara, Resmob Polsek Semarang Utara. Para pemuda itu pun kabur tunggang langgang, dua di antaranya terpaksa meninggalkan motor mereka di lokasi.
Pembubaran balap liar itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIB, Jumat (1/3). Sebelumnya, kepolisian menerima laporan lewat aplikasi Libas soal adanya aksi balap liar di depan SMAN 14 Semarang.

Balap liar di Jalan Kokrosono, Kota Semarang, dibubarkan polisi, Jumat (1/3/2024). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikJateng
Petugas piket Polsek Semarang Utara, Iptu Suprianto mengatakan ada salah seorang siswa yang melapor ada balap liar di depan sekolahnya. Balap liar itu sudah berlangsung beberapa kali, terutama saat sore.

“Ada laporan dari aplikasi Libas, infonya sering ada trek-trekan. Ngetes motor sore-sore. Kan banyak siswa yang pulang setelah ekstrakurikuler,” kata Suprianto di lokasi, Jumat (1/3/2024).

Begitu tiba di lokasi, Tim Elang Utara langsung menghalau para pembalap liar itu. Ada dua motor yang ditinggal di lokasi, sementara kedua pemiliknya yang masih berusia di bawah umur kabur dengan berlari.

“Tadi ada dua motor yang lakukan tes kecepatan, lalu ditinggal. Anaknya akhirnya tadi ke sini, terus kita minta panggil orang tuanya. Besok ke Polsek,” ujar Suprianto.

Saat petugas masih berjaga di lokasi, tiba-tiba datang tiga pemotor dengan kecepatan tinggi. Mengetahui keberadaan polisi, dua pemotor di antaranya langsung balik kanan dan kabur.

Adapun satu motor yang ditumpangi dua pemuda tanpa helm berhasil diamankan. Setelah dicek, ternyata motor tersebut tanpa rem belakang dan berknalpot brong. Motor itu kemudian diamankan ke Polsek Semarang Utara.

Hingga pukul 18.00 WIB, total ada empat motor yang diamankan, yaitu dua motor yang terlibat balap liar, satu motor berknalpot brong, dan satu motor tanpa rem belakang yang juga berknalpot brong.

“Kita juga sebenarnya rutin (berpatroli) di daerah sini,” pungkas Suprianto.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono