MAGELANG – Sebuah barang, yang diduga sebagai rajah, berhasil ditemukan tim gabungan saat melakukan operasi penggeledahan atau razia di sebuah kamar yang ada di dalam LP Kelas IIA Magelang (Lapas Magelang), Rabu (21/8/2024).

Tim gabungan juga menemukan beberapa korek api, kerokan kumis, pisau kue, lipstik maupun lainnya. Pemeriksaan atau tes urine juga dilakukan dalam rangkaian kegiatan ini.

Kepala Lapas Magelang Bambang Wijanarko, yang diwakili Kasubbag TU Lapas Magelang Yudi Winardi, kepada KRJogja.com membenarkan ditemukannya barang yang diduga sebagai ‘rajah’ tersebut.

Barang tersebut berupa tulisan dalam selembar kertas ukuran sekitar 10 Cm dan dilipat-lipat. Aroma wangi juga sempat tercium dari barang tersebut.

Didampingi beberapa pejabat Lapas Magelang maupun lainnya, Yudi juga mengatakan kegiatan ini merupakan gabungan antara Lapas Magelang, TNI, Polri dan perwakilan dari BNN Kabupaten Magelang, dan dilaksanakan dalam rangka HUT ke-79 Pengayoman.

Tujuan kegiatan ini diantaranya agar Lapas Magelang terhindar dari Handphone (HP), Pungli dan Narkoba (Halinar).

Dibenarkan, dalam kegiatan penggeledahan ini ditemukan barang yang diduga berupa rajah di salah satu kamar di salah satu Blok. Dikatakan Yudi, baru kali ini ditemukan barang yang diduga sebagai rajah. Barang yang diduga rajah tersebut langsung dimusnahkan dengan cara dibakar.

Selain itu juga ditemukan beberapa korek, dan ada diantaranya yang sudah dimodifikasi di bagian keluarnya api sehingga api menyala kecil. Keberadaan korek memang sulit diberantas.

Berkaitan dengan adanya kerokan kumis atau jenggot, dikatakan, sebenarnya sudah disediakan di lokasi Komandan Blok. Diduga ada yang secara sembunyi-sembunyi yang memasukkan.

Diantara kerokan yang ditemukan tersebut ada yang kondisinya masih baru. Setelah selesai kegiatan penggeledahan, lanjut Yudi, akan langsung dibuatkan berita acara dan dilakukan proses pemusnahan.

sumber: krjogja

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo