KLATEN – Belasan remaja diamankan oleh pihak kepolisian lantaran melakukan konvoi dengan membawa senjata tajam (sajam) di wilayah Klaten, Jawa Tengah. Meskipun demikian, mereka tidak ditahan karena masih di bawah umur dan hanya dikenakan wajib lapor dua kali dalam seminggu.

“Dikembalikan ke orangtua. Tapi tetap kita kontrol dua kali seminggu wajib lapor ke Polres,” kata Kapolres Klaten, AKBP Warsono, saat ditemui di Mapolres Klaten, Selasa (8/10/2024).

Konvoi yang melibatkan remaja tersebut terjadi di Jalan Pemuda pada Sabtu (5/10/2024) dini hari. Dalam aksi tersebut, para remaja itu membawa senjata tajam berupa pedang dan sebagian besar dari mereka masih duduk di bangku SMA. Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen, Mungkinkah dan Perlukah? Artikel Kompas.id Ketika ditanya apakah mereka berafiliasi dengan kelompok tertentu atau geng, Warsono menjelaskan bahwa mereka adalah teman nongkrong.

Tujuan konvoi dengan menggunakan sajam Lihat Foto Senjata tajam yang disita dari gerombolan pelaku yang berencana tawuran, Minggu (8/9/2024).(KOMPAS.com/Egadia Birru) Meskipun demikian, pihaknya masih mendalami keterlibatan remaja-remaja ini dengan kelompok tertentu untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang.

“Teman-teman nongkrong, teman-teman sekolah. Kita masih mendalami apakah ada keterlibatan ikut kelompok tertentu atau tidak,” ujar Warsono. Berdasarkan pemeriksaan, Warsono mengungkapkan bahwa para remaja melakukan konvoi dengan membawa senjata tajam untuk menunjukkan eksistensi diri.

Banyak dari mereka yang mengaku ikut konvoi karena diajak oleh teman melalui media sosial atau pesan WhatsApp. “Dia menunjukkan jati dirinya. Pengin dia terlihat ekspos. Jadi menunjukkan jati diri supaya terlihat hebat atau bagaimana. Banyak dari mereka ini yang kita dalami ikut-ikutan diajak (konvoi),” kata Warsono.

Kapolres juga mengimbau kepada orangtua agar selalu mengawasi anak-anak mereka agar tidak terlibat dalam kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. “Makanya betul-betul pengawasan orangtua,” tegas Warsono.

Sumber : KOMPAS.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai