Desember 2, 2022
Jawa Tengah
Berita

Bentuk Peduli Terhadap Penderita Stunting Polres Salatiga Bedah Rumah Saniyem

SALATIGA – Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana memiliki perhatian kepada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Salah satu wujud kepedulian ditujukan kepada dua ODGJ di Bulusari RT 03 RW 06 Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo.

Dua ODGJ bernama Muhammad Hasan (44) dan Aris Setiawan alias Wawan (32), merupakan anak Rusman (70). Kapolres menyambangi keluarga tersebut dan memberikan motivasi dan dorongan semangat.

Harapannya keluarga tersebut tetap tabah dan sabar dalam merawat kedua anak orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Kapolres juga memberikan bantuan berupa sembako serta uang tali kasih kepada Rusman.

“Kami berharap dengan kunjungan ini dapat memberikan support kepada bapak Rusman selaku orang tua agar tetap sabar dan semangat dalam mengasuh kedua putranya. Semoga dengan sedikit bantuan ini dapat meringankan beban dan bermanfaat untuk bapak Rusman beserta keluarga,” kata Indra Mardiana, Rabu (2/11/2022).

Sementara itu, Rusman (70) merasa senang keluarganya telah dikunjungi dan diperhatikan oleh Kapolres Salatiga.

“Terima kasih atas kunjungan dan perhatian serta bantuan yang diberikan oleh Kapolres Salatiga berserta rombongan. Bantuan ini sangat membantu kami dan semoga bapak Kapolres serta rombongan diberikan kesehatan,” ucap Rusman.

Rusman menuturkan, kedua anaknya mengalami gangguan jiwa sekitar 10 tahun yang lalu. Kondisi ini membuat keluarga terpukul.

“Namun kepedulian dan perhatian warga sekitar, pemerintah dan Polres Salatiga membuat kami semangat dan lebih bersabar. Dukungan moral dan material semua pihak, sangat membantu kami,” ujarnya.

Polres Salatiga lakukan bedah rumah milik Saniyem (45) warga Ngemplak RT 3 RW 8 Kelurahan Kumpulrejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga.

Kapolres Salatiga, AKBP Indra Mardiana mengatakan bedah rumah ini merupakan program Polres Salatiga peduli.

“Kegiatan bedah rumah ini merupakan program Salatiga peduli dimana Polres Salatiga hadir di tengah masyarakat kurang mampu yang membutuhkan bantuan serta dalam rangka lebih mendekatkan Polri dengan Masyarakat,” kata AKBP Indra, Selasa (1/11/2022).

Kapolres Salatiga saat meresmikan rumah milik Saniyem ini mengaku pihaknya akan selalu hadir untuk masyarakat.

Tentunya tidak hanya dalam memberikan rasa aman dan nyaman, tapi juga untuk berempati, peduli.

“Kami juga memberi semangat agar masyarakat selalu sehat, semangat bekerja dan semangat berbagi,” jelasnya.

Menurutnya, ada beberapa kelompok masyarakat yang menjadi prioritas untuk diberikan bantuan dalam program Salatiga peduli.

“Program ini disasar kepada masyarakat kurang mampu, yang tengah mengalami sakit kronis dan penyandang disabilitas, orang dalam gangguan jiwa (ODGJ),” ungkapnya.

Bedah rumah ini dilakukan dalam waktu 12 hari dan dirinya berharap meringankan beban pihak keluarga.

“Sehingga di rumah tersebut ada rasa aman dan nyaman Saniyem dapat istirahat dengan tenang karena sekarang rumah sudah lebih bersih, lebih rapi dan layak huni,” ujarnya