Palangka Raya – Pemantauan situasi dan perkembangan arus mudik lebaran Idul Fitri 1445 H, terus dilakukan Polda Kalimantan Tengah di wilayah hukumnya.

Kali ini, pemantauan tersebut dilaksanakan dengan mengecek Posko Terpadu angkutan transportasi udara lebaran 2024/1445 H, yang berada di Bandar Udara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, Sabtu (6/4/2024) siang.

Kasatgas Humas Ops Ketupat Telabang 2024, Kompol Hemat Siburian, S.H. mewakili Kaopsda Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, menyampaikan bahwa pengecekan ini dilakukan untuk memastikan situasi keamanan dan pergerakan arus penumpang menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

“Pantauan sementara ini, untuk situasi kamtibmas di Bandara Tjilik Riwut masih terkendali aman dan belum terlihat adanya lonjakan penumpang yang akan mudik melalui Bandara Tjilik Riwut,” ungkap Kompol Hemat.

Akan tetapi. Lanjut Kasatgas Humas, pentingnya juga kita untuk selalu menjaga aspek keamanan, keselamatan dan kesehatan bagi pemudik lebaran di Kalteng.

“Dimana jalur penerbangan di Bandara Tjilik Riwut ini, menjadi jalur utama bagi pemudik dari Kalteng. Mohon dipersiapkan dengan baik agar masyarakat dapat terlayani, sehingga keamanan dan kelancaran pemudik dapat tercapai,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan, selain mendirikan Posko Terpadu. Pos layanan kesehatan juga kami dirikan, guna memberikan layanan kesehatan gratis bagi pemudik dengan melibatkan para tenaga medis dari Rumkit Bhayangkara.

“Tujuannya tidak lain, untuk memastikan kesehatan para pemudik di Kalteng, sekaligus menciptakan suasana mudik aman, ceria dan penuh makna,” tuturnya

Saya berharap, momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat.

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, Polres Sukamara, Kapolres Sukamara, AKBP Telly Alvin, S.I.K