SLAWI – Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun mengungkap ada dua titik rawan kemacetan di Kabupaten Tegal yang harus diwaspadai saat arus mudik Lebaran 2024.

Dua titik rawan macet itu ada di Jalan Adiwerna, tepatnya di seputaran Pasar Banjaran, dan di Simpang Klonengan di Kecamatan Margasari.

“Di Adiwerna, kemacetan berpotensi terjadi karena arus kendaraan keluar dari exit Tol Adiwerna dan melintas jalur tersebut sehingga terjadi penyempitan akses jalan.”

“Terlebih, di seputaran Pasar Banjaran juga banyak masyarakat yang berdagang,” ungkap Sajarod seusai apel gelar pasukan pengamanan Hari Raya Idulfitri 1445 H/2024 di Lapangan Asrama Polisi (Aspol) Kalibliruk, Kecamatan Slawi, Kamis (4/4/2024).

Untuk mencegah kemacetan, Sajarod mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkab Tegal untuk menertibkan pasar tumpah di sepanjang jalan tersebut.

Sementara, di Simpang Klonengan, potensi kemacetan terjadi karena pertemuan arus lalu lintas dari exit Tol Pejagan dan lalu lintas jalan utama.

“Jembatan atau Simpang Klonengan ini kenapa jadi titik rawan kemacetan? Karena merupakan pertemuan dua arus, dari arah utara, yakni masyarakat yang keluar dari exit Tol Pejagan dan mengarah ke selatan, kemudian bertemu dengan masyarakat yang dari arah Slawi menuju ke selatan atau arah Banyumas,” jelasnya.

Selama arus mudik dan balik Lebaran, Sajarod mengatakan, pihaknya mendirikan lima Pos Strong Poin di tempat-tempat strategis.

“Yakni di wilayah utara, tengah, selatan, serta di objek wisata Guci dan Simpang Yomani,” imbuhnya.

Selain rawan macet, pihaknya juga memetakan daerah rawan bencana longsor di jalur mudik Lebaran 2024.

Daerah rawan longsor tersebut ada di Bojong dan Bumijawa.

Antisipasi kerawanan ini telah dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal.

“Kami juga memetakan daerah rawan tawuran di Kabupaten Tegal, pastinya daerah yang berbatasan dengan wilayah tetangga seperti Dukuhwaru, Talang, Dukuhturi, Adiwerna, Pangkah, terutama daerah yang kurang penerangan,” ungkap Kapolres.

Dalam kesempatan itu, Sajarod mengingatkan warga yang akan mudik Lebaran memastikan rumah yang akan ditinggal dalam kondisi kondisi aman dari kebakaran ataupun pencurian.

“Titipkan kepada tetangga sebelah atau bisa lapor ke ketua RT maupun RW bahwa akan mudik.”

“Kami juga melakukan kegiatan patroli di pemukiman yang mana masyarakat melaksanakan mudik,” ujarnya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono