BATANG – Kodim 0736/Batang bekerja sama dengan Polres, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan masyarakat setempat melakukan pembersihan Sungai Sendangsari di Desa Karanggeneng, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Jumat (19/1/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir yang sering mengancam warga Desa Karanggeneng akibat luapan sungai.

Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman mengatakan, pembersihan sungai ini merupakan bentuk empati dan kepedulian Kodim Batang terhadap masyarakat yang berada di daerah rawan banjir.

“Kami ingin membantu masyarakat untuk mengatasi masalah banjir yang sering terjadi di sini, terutama saat musim penghujan.

Kami berharap dengan pembersihan sungai ini, debit air bisa mengalir dengan lancar dan tidak meluap ke permukiman warga,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu penyebab banjir di Desa Karanggeneng adalah pendangkalan Sungai Sendangsari yang disebabkan oleh tumbuhnya rumput dan menumpuknya sampah di aliran sungai.

“Kalau dilihat dari lebar Sungai Sendangsari sekitar 4 meter sepertinya mampu menampung debit air hujan, namun karena ada pendangkalan akibat tumbuhnya rumput dan sumbatan sampah yang menumpuk di aliran sungai mengakibatkan arus tidak lancar,” jelasnya.

Untuk itu, selain membersihkan sungai dari sampah, pihaknya juga mengangkat tanah yang membuat dangkal aliran sungai dengan menggunakan alat berat dari Pemerintah Daerah (Pemda) Batang.

Sementara itu, Munasir, salah seorang warga Desa Karanggeneng, mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0736/Batang, Polres, BPBD dan Pemda Batang yang telah melakukan pembersihan Sungai Sendangsari.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan mereka. Kami berharap dengan aliran sungai yang bersih dari sampah dan rumput, bencana banjir tidak terjadi lagi di desa kami,”pungkasnya.

 

Polres Batang, Kapolres Batang, AKBP Salafi Salamun, Pemkab Batang, Kabupaten Batang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, #KerenTanpaKnalpotBrong, #JatengBebasKnalpotBrong, #StopKnalpotBrong