Oktober 8, 2022
Jawa Tengah
Berita Current Issue Jelajah

Bhabinkamtibmas Polres Demak Sosialisasi Ciri Ciri Dan Antisipasi Penyebaran Wabah PMK

Demak – Bhabinkamtibmas Desa Bogosari Polsek Guntur Bripka Khasan.N laksanakan pengecekan dan monitoring peternakan sapi guna antisipasi PMK (penyakit mulut dan kaki) yang berada didalam wilayah hukum Polsek Guntur. Jumat pagi ( 13/05/22)

Kapolsek Guntur AKP Anang heriyanto,S.E., M.H mengatakan, pengecekan hewan ternak terutama sapi yang disejumlah tempat dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penyebaran penyakit mulut dan kaki (PMK), khusunya di Wilayah Kecamatan Guntur.

“Hari ini Bhabinkamtibmas mengecek ketempat peternakan sapi, hasil dar pada kegiatan tersebut sampai saat ini tidak ditemukan tanda-tanda hewan ternak terutama sapi yang terjangkit virus PMK (penyakit mulut dan kaki),” ucapnya.

Meskipun tidak ditemukan sapi yang terjangkit PMK, polsek Guntur tetap memberikan pengarahan dan sosialisasi terkait bahaya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak kepada masyarakat.

“Kita akan bersinergi dengan Dinas Peternakan serta dinas terkait untuk berkoordinasi dalam rangka upaya pencegahan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang saat ini sedang terjadi di beberapa wilayah dijatim dan wilayah lainya,” ujar Kapolsek

Dalam sosialisasi ini disampaikan beberapa ciri2 penyakit PMK diantaranya suhu tinggi (dipegang pangkal telinga, lendir di mulut, lepuh dihidung, lidah menjulur, nafsu makan berkurang, kaki pincang, luka pada kaki yang berpatasan denagn kuku/ luka pada celah kuku/ kuku bisa lepas dan nafas cepat.

Jika ditemukan hewan ternak dengan ciri2 tersebut harap segera dipisahkan dengan ternak yang lain dan juga menyemprot kandang dengan disenfektan. Dan segera melapor ke dinas peternakan untuk segera ditindak lanjuti dan diobati hewan ternak yang sakit tersebut.

Yuhriyad (48 th ) warga desa Bogosari yang mempunyai 3 ternak sapi mengucapkan trimakasih atas himbauan dari polsek Guntur, dirinya akan mengingat dan selalu memantau kondisi ternaknya.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kunjungan Bahbinkamtibmas Desa Bogosari Polsek Guntur dan telah memberikan himbauan, kami akan mengingat dan melaksanakan semua himbauan2ny semoga wabah ini tidak sampai ke daerah kita”, ujar nya

Masyarakat agar tetap tenang, namun tetap waspada virus PMK dengan tindakan pencegahan dini, seperti membatasi penerimaan ternak dari wilayah lain, memastikan kebersihan kandang serta melaksanakan penyemprotan disinfektan ke kandang.