SUKOHARJO – Kabupaten Sukoharjo memiliki perairan umum daratan dengan luasan 958,9 hektare. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo kini getol memfasilitasi masyarakat untuk memanfaatkan potensi itu, salah satunya dengan penebar benih ikan.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani menebarkan benih ikan di Embung Djowo, Desa Ponowaren Kecamatan Tawangsari, Jumat (31/5/2024). Bupati mengatakan, kualitas sumber daya manusia (SDM) yang baik ditentukan oleh perkembangan anak, dimulai dari dalam kandungan dan usia sekolah. Semua anak diharapkan bisa mengonsumsi protein yang cukup dalam perkembangannya.

“Salah satu sumber protein yang bermutu tinggi terdapat pada ikan. Ikan termasuk bahan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin K. Serta kaya akan protein, lemak sehat, dan mineral juga,” papar Etik Suryani didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo Bagas Windaryatno, Jumay (31/5/2024).

Kabupaten Sukoharjo memiliki perairan umum daratan dengan luasan 958,9 hektare berupa waduk, sungai, embung, kali mati, dan genangan air lainnya. Terdapat 890 rumah tangga yang melakukan usaha penangkapan ikan untuk mencukupi kebutuhan pangan dan untuk menambah penghasilan. Produksi ikan hasil tangkapan di perairan umum mencapai 400.228 kg pada tahun lalu.

“Pemkab Sukoharjo melalui dinas pertanian dan perikanan, dari tahun ke tahun telah memfasilitasi kegiatan penyediaan benih ikan untuk ditebar di perairan umum, maupun di kolam kelompok masyarakat. Dengan memaksimalkan APBD,” bebernya.

Menurutnya, penebaran benih ikan yang rutin dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan stok ikan yang ada di perairan umum. Tujuannya juga agar dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk bisa mengonsumsi ikan di lokasi tersebut.

Kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Sukoharjo dalam meningkatkan produksi ikan, angka konsumsi ikan, dan meningkatkan gizi masyarakat.

 

Polres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo Sigit, AKBP Sigit, Kabupaten Sukoharjo, Pemkab Sukoharjo, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Nanang Haryono, Jawa Tengah, Jateng