SRAGEN – Bus Sumber Selamat berpelat nomor W 7512 UP terguling di Jalan Sragen-Ngawi, tepatnya di sebelah barat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Lemahbang, masuk wilayah Dukuh Jambu,Desa Kebonromo, Kecamatan Ngrampal, Sragen, Minggu (31/12/2023) pukul 16.55 WIB. Belasan penumpang mengalami luka-luka dan dilarikan ke RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen dan RS Ibnu Sina Sragen.

Hingga pukul 18.00 WIB, bodi bus masih proses dievakuasi menggunakan dua unit mobil derek. Proses evakuasi bus mengakibatkan kemacetan di Jalan Sragen-Ngawi yang cukup panjang.

Evakuasi membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Pukul 18.10 WIB, bus yang terguling berhasil dievakuasi. Selama proses evakuasi menjadi tontonan puluhan orang.

Belasan penumpang dievakuasi menggunakan ambulans dari PSC 119 Sukowati dan ambulans PMI Sragen. Pengemudi bus Sumber Selamat, Fery Nurmala, 32, warga Purwodadi, saat ditemui wartawan menyampaikan awalnya bus melaju dari arah Sragen ke Ngawi dengan tujuan Surabaya. Sesampainya di lokasi kejadian tiba-tiba bus selip sehingga bus memutar ke arah barat kemudian keluar dari badan jalan dan terguling.

“Alhamdulillah semua selamat, tidak ada korban meninggal dunia. Saat itu kecepatan saya tidak kencang, sekitar 60-70 km per jam. Di depannya tadi tidak ada kendaraan apa-apa. Tiba-tiba ban selip akhirnya tergelincir memutar dan terguling,” ujar Fery.

Dia mengaku membawa penumpang sebanyak 30-40 orang. Dia mengatakan para penumpang mengalami luka-luka saja dan semua selamat.

Sementara Ketua PSC 119 Sukowati Sragen, Udayanti Proborini, melalui Sekretaris PSC 119 Sukowati Nengah Adnyana Oka Manuaba menerangkan ada 12 penumpang bus yang mengalami luka-luka.

Dia mengatakan korban ada yang mengalami luka sobek pada daun telingan sebelah kanan. Selain itu, ujar dia, ada yang mengeluh pusing, luka sobek pada dahi, hematom pada kepala bagian kiri, nyeri bahu tangan kanan.

Sejumlah pasien ditangani petugas medis di IGD RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen, Minggu (31/12/2023) petang. (Solopos.com/Tri Rahayu)
Dia melanjutkan ada pula yang shock, mengalami sesak napas, nyeri dada, patah tertutup lengan tangan kanan, dan seterusnya.

“Awalnya kami mendapat informasi dari anggota polisi tentang adanya bus terguling di Kebonromo yang banyak korban membutuhkan penanganan medis dan ambulans. Menindaklanjuti informasi itu, kami langsung berkoordinasi dengan PMI Sragen untuk merespons kejadian kecelakaan itu. Sesampainya di lokasi, empat korban dievakuasi menggunakan ambulans Puskesmas Ngrampal, dua korban dievakuasi menggunakan ambulans PMI Sragen, dan satu korban dievakuasi menggunakan ambulans PSC 119 Sukowati,” jelas Oka, sapaan akrabnya.

Dia menerangkan ketujuh korban dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen untuk mendapatkan penanganan medis. Selanjutnya ketiga ambulans kembali ke lokasi untuk penyisiran.

“Ternyata masih ada empat korban yang dievakuasi menggunakan ambulans Puskeksmas Gesi yang kebetulan sedang pengamanan Nataru di exit tol Sragen Timur. Kemudian satu korban dievakuasi ke menggunakan mobil pribadi. Kelima korban dibawa ke IGD RS Saras Ibnu Sina Sragen untuk penanganan lanjutan,” jelasnya.

Berikut Data Identitas Korban Bus Terguling di Sragen

Nama : Tn. Mulyadi

Umur : 54 Tahun

Alamat : Ds. Kadilangu, Kec. Baki, Kab. Sukoharjo.

Nama : An. Aji Samsudi

Umur : 14 Tahun

Alamat : Ds. Kadilangu, Kec. Baki, Kab. Sukoharjo.

Nama : Ny. Sunarsih

Umur : 61 Tahun

Alamat : Dk. pelanggarem, Rt 2/4, Ds. Pelanglor, Kec. Kedunggalar, Kab. Ngawi, Prov. Jawa Timur.

Nama : An. Stevano Hasbi Raditya

Umur : 10 Tahun

Alamat : Dk. Karangsono Rt. 17, Kec. Barat, Kab. Magetan, Prov. Jawa Timur.

Nama : An. Falen Nazrul Adit Tama

Umur : 13 Tahun

Alamat : Dk. Karangsono Rt. 17, Kec. Barat, Kab. Magetan, Prov. Jawa Timur.

Nama : Tn. Winarto

Umur : 40 Tahun

Alamat : Dk. Karangsono Rt. 17, Kec. Barat, Kab. Magetan, Prov. Jawa Timur.

Nama : Ny. Sri wulandari

Umur : 51 Tahun

Alamat : Jln. Kenanga, Rt 02/03, Ds. Klemunan, Kec. Wlingi, Kab. Blitar, Prov. Jawa Timur.

Nama : Tn. Kusnanto

Umur : 51 tahun

Alamat : Dk. Karanglo, Ds. Patihan, kec. Loceret Nganjuk, Kab. Nganjuk, Prov. Jawa Timur.

Nama : Ny. Mariati

Umur : 24 tahun

Alamat : Jl. Bawono Mulyono E 32, Rt. 33/10, Ds. Rejomulyo, Kec. Kartoharjo, Kab. Madiun, Prov. Jawa Timur.

Nama : Tn. Sumarno

Umur : 40 tahun

Alamat : Dk. Baron rt. 06/04, Ds. Jatipuro, Kec. Karangjati, Kab. Ngawi, Prov. Jawa Timur.

Nama : Ny. Sri Rahayu

Umur : 44 Tahun

Alamat : Dk. Tegal Kuniran rt. 04/28, Ds. Jebres, Kec. Jebres, Kota. Surakarta

Nama : Bahtiar Imam Nur Aziz

Umur : 23 tahun

Alamat : Dk. Tritis rt. 01/03, Ds. Sidomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Prov. Jawa Timur.

Sumber: solopos.com

 

Polda Jateng, Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, Polres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo Sigit, Polres Rembang, Kapolres Rembang, AKBP Suryadi, Polres Pati, Kapolresta Pati, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Polres Banjarnegara, Polrestabes Semarang, Polres Batang, Operasi Lilin Candi 2023, Ops Lilin Candi 2023, Nataru Jateng 2023