Oktober 7, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah

Cegah COVID-19 Saat Lebaran, Warga Nahdliyin di Batang Sukseskan Satu Juta Vaksinasi Booster

Batang – Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) bekerja sama dengan Dokkes Polres Batang dan Kantor Kemenag Batang menggelar program 1 Juta Vaksin Booster, utamanya bagi warga Nahdliyin.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan agar tidak tertular COVID-19 saat lebaran nanti.

Ketua PCNU Batang, Achmad Taufiq melalui Sekretaris PCNU Ahmad Munir Malik mengatakan, setelah diizinkannya mudik bagi masyarakat, dapat terlaksana dengan baik dan tidak memunculkan klaster baru penyebaran COVID-19.

Salah satu ikhtiarnya adalah dengan divaksinasi Booster, karena diperkirakan mayoritas pemudik berasal dari warga NU.

“Harapannya baik pemudik maupun keluarga yang ada di kampung halaman sama-sama tidak menularkan atau ditularkan, dengan cara mengoptimalkan vaksinasi Booster,” imbaunya saat ditemui, di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Batang, Kamis (21/4/2022).

Untuk memaksimalkan capaian vaksin, pengurus MWCNU segera berkoordinasi dengan pengurus ranting di desa masing-masing.

“Target kami 3.500 – 4.000 warga Nahdliyin dari 248 ranting tervaksinasi,” terangnya.

Vaksinasi digelar secara serentak di beberapa tempat. Yakni di Kota Batang vaksinasi dapat dilakukan di Aula Kantor Kemenag, Klinik Siti Rohmah dan di tiap Puskesmas  maupun Gedung MWCNU di 15 kecamatan.

“Semoga program yang sudah diinisiasi oleh PBNU didukung Polri dan Kemenag RI dapat terlaksana dengan lancar karena kesehatan bagi masyarakat adalah yang utama,” harapnya.

Ia menambahkan, pelayanan vaksinasi tidak hanya terbatas bagi warga Nahdliyin saja, namun bagi masyarakat umum dan non muslim pun diperbolehkan mengikuti program tersebut yang digelar sejak 21-23 April 2022.

Wakapolres Batang Kompol Gali Atmajaya berharap agar target selama tiga hari ke depan dapat terwujud

“Semoga saja pelaksanaan mudik lebaran tahun ini bisa berjalan lancar karena sudah 2 tahun mudik ditiadakan. Jadi langkah yang diambil pemerintah sangat tepat,” ungkapnya.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum mudik wajib divaksinasi Booster.

“Ditargetkan tiap harinya ada 1.300 warga Nahdliyin bisa tervaksinasi,” imbaunya.

Kepala Kantor Kemenag Batang M. Aqsho mengapresiasi sinergi yang tercipta antara Kemenag, Polres dan PCNU Batang dalam menyukseskan program 1 Juta Vaksin Booster.

“Semoga antusias warga meningkat dan bisa memenuhi target. Pelaksanaannya memang tiga hari, tapi bukan tidak mungkin waktu akan ditambah hingga 25 April, jika makin banyak warga yang divaksin,” harapnya.

Ini bentuk sinergi yang baik untuk memobilisasi umat agar bersedia divaksinasi demi kesehatan diri.

“Warga Nahdliyin dan semua masyarakat Batang bisa tervaksin sehingga tetap aman dan nyaman saat merayakan Idulfitri,” tandasnya.