Semarang – Sebuah mobil Xpander berisi tiga orang terguling di Jalan Diponegoro Semarang. Anggota Bhabinkamtibmas Lempongsari, Aipda Ragil Sugianto menceritakan detik-detik dirinya mengevakuasi para korban.

Pada saat kejadian, Ragil sedang berkegiatan di sekitar lokasi. Dia langsung berlari begitu mendengar suara ban pecah yang disusul tergulingnya mobil Xpander itu.

“Jadi pada saat kejadian posisinya saya lagi kegiatan sampel di kantor PJN kemudian mendengar suara ledakan dan benturan kemudian saya lari ke lokasi,” ujar Ragil ditemui di Pos Lantas, Jalan Simpang Lima, Semarang, Jumat (3/5/2024).

Saat dia sampai di lokasi, posisi mobil sudah terguling dan ada satu sepeda motor yang terjatuh. Bersama warga, dia langsung berusaha melakukan evakuasi.

“Kebetulan korban dari pengendara sepeda motor sudah dipinggirkan sama pengendara ojol terus kemudian kami mencari posisi pengemudi mobil,” tambahnya.

Saat itu, dia langsung naik ke arah pintu yang menghadap ke atas karena mobil dalam posisi terguling. Dia juga meminta agar kunci dibuka agar bisa dilakukan evakuasi.

“Alhamdulillah untuk pengemudi masih posisi sadar dan bisa terbuka. Kemudian kami buka pintu kami komunikasi dibantu warga sekitar sana untuk membuka pintu akhirnya dievakuasi dari anak paling kecil dulu, balita terus kemudian ibunya baru pengemudi, alhamdulillah ketiga korban selamat, tidak terjadi kekurangan suatu apapun,” jelasnya.

Kasat Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi menyebut kejadian itu berawal dari pecah ban pada mobil Xpander berwarna silver itu. Sedangkan pengendara sepeda motor juga ikut terjatuh karena gagal bermanuver saat berhadapan dengan mobil tersebut.

“Ini diawali adanya pecah ban sehingga mobil tersebut oleng dan terguling ke kanan dan satu di belakang ada sepeda motor kaget, nabrak tapi alhamdulillah sejauh ini lecet-lecet saja,” katanya.

Yunaldi mengapresiasi aksi Ragil yang dengan sigap menolong korban. Dia juga mengimbau agar masyarakat kembali mengecek kendaraannya sebelum berpergian.

“Saya apresiasi saudara Aipda Ragil Sugianto Bhabin Lempongsari dan itu memang wilayah hukum Bhabinnya saat itu dia hadir di dekat situ bertugas, pagi hari sudah di lapangan dan dia mendengar bunyi kendaraan dan dia langsung mendekat ke sana,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, mobil Xpander berisi tiga orang terguling di Jalan Diponegoro Semarang. Saksi menyebut mobil itu terguling setelah mengalami pecah ban.

Kejadian itu terjadi di Jalan Diponegoro, tepatnya di seberang Alfamart Siranda, pada pukul 10.18 WIB. Mobil itu mengalami pecah ban di turunan dan sempat oleng sebelum akhirnya terguling.

“Mobil dari selatan, bannya meletus nabrak tiang lampu terus dia terguling terseret sampai ke sini,” kata seorang saksi Purbo Ari (30) saat di lokasi, Jumat (3/4/2024).

sumber : detikjateng

 

Polrestabes Semarang, Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar, Kota Semarang, Pemkot Semarang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng