Bahaur – Demi terpeliharanya Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah perairan Das Kahayan Bahaur, personel Ditpolairud Polda Kalimantan Tengah yang berada di Mako Perwakilan Das Kahayan Bahaur terus melakukan upaya seperti patroli dialogis dan memberikan imbauan kepada warga Pesisir di Desa Tanjung Perawan Kec. Kahayan Kuala Kab. Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Selasa (02/01/2024).

Menurut Bripka Lukas J. Hariadi selaku personel Mako Perwakilan Das Kahayan Bahaur, kegiatan tersebut dilaksanakan sangat penting dan efektif kerena bisa bertemu langsung dengan warga sehingga bisa menggali informasi-informasi yang berkembang dilingkungan masyarakat terkait perkembangan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, selain itu kita juga bisa secara langsung menyampaikan himbauan-himbauan Kamtibmas,”ungkapnya.

Kegiatan sambang ini juga untuk mengajak warga membantu Polri, khususnya Ditpolairud dalam menciptakan keamanan dan ketertiban terutama dilingkunganya masing-masing, serta mengajak warga untuk segera melaporkan kepada aparat keamanan terdekat bila mengetahui adanya pelaku tindak Kriminalitas yang terjadi di lingkungan tersebut.

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Djoko Poerwanto melalui Dirpolairud Kalimantan Tengah Kombes Pol Handono Subiakto, SIK, SH, MH.., mengatakan Kegiatan Sambang yang dilakukan oleh personel Ditpolairud untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap warga masyarakat terutama warga yang berada di Kecamatan Kahayan Kuala. Disamping itu juga dengan keberadaan Ditpolairud di desa – desa diharapkan bisa memberikan rasa aman  serta mengurangi dan meminimalisir  adanya pelaku tindak kriminalitas.

Patroli dialogis sekaligus sambang, merupakan salah satu metode yang efektif dalam membangun hubungan yang baik antara Polisi dan masyarakat. Dalam giat tersebut, personel yang berada di lapangan memberikan pemahaman kepada warga masyarakat tentang pentingnya menjaga kamtibmas,’Ujar Bripka Lukas.

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, AKBP Bronto Budiyono