Jepara – Polres Jepara | Jajaran personel Kepolisian Resor (Polres) Jepara kembali melaksanakan kegiatan pengaturan lalu lintas pagi di sejumlah ruas jalan utama dan titik-titik rawan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, pada Jumat (9/8/2024).

Pada kesempatan itu, selain membantu menyeberangkan anak-anak dan penguna jalan, AKBP Wahyu dan petugas kepolisian juga membagikan susu gratis kepada para siswa SD yang melintas atau menyeberang di Jalan Dr Sutomo menuju sekolahan.

Kegiatan itu pun mendapatkan apresiasi dan sambutan positif dari masyarakat, khususnya guru hingga orang tua siswa.

Mereka merasa terbantu dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan.

Salah satunya, datang dari Kepala Sekolah SD Kanisius Jepara Grasia Vita Kristiani, yang menyampaikan apresiasinya kepada Kapolres Jepara beserta jajaran yang telah menggelar kegiatan arus pengaturan lalu lintas sekaligus memilih lokasi pemberian susu di sekolahnya.

“Kami apresiasi sekali dengan adanya pengaturan arus lalu lintas dan pembagian susu gratis ini, semua anak-anak gembira. Apalagi kadang banyak anak-anak yang beberapa waktu belakang belum minum susu. Semoga kegiatan ini terus berlanjut,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Jepara melalui Kasi Humas Iptu Rusiyanto menjelaskan, pembagian susu gratis dilakukan dengan tujuan menstimulus semangat belajar para siswa SD.

Langkah itu juga guna mendekatkan polisi dengan anak-anak, meningkatkan asupan gizi, serta wujud mendukung penuh program pemerintah.

“Pembagian susu gratis ini juga sebagai upaya untuk mendekatkan polisi dengan anak-anak, terutama saat pengaturan lalu lintas di depan sekolah, sehingga mereka merasa lebih aman dan diperhatikan,” ucap Iptu Rusiyanto.

Menurutnya, inovasi tersebut mendapatkan sambutan positif dari masyarakat khususnya para orangtua siswa.

Dikatakan, mereka merasa terbantu dengan adanya program pembagian susu gratis dan berharap jadi contoh bagi daerah lain.

“Lewat inovasi itu, Polres Jepara menunjukkan komitmen dalam menjaga ketertiban dan keamanan lalu lintas. Selain itu juga komitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama anak-anak. Semoga inovasi ini dapat menjadi inspirasi bagi kepolisian di daerah lain untuk mengadakan kegiatan serupa,” katanya.

Adapun tujuan utama kegiatan pengaturan lalu lintas pagi, Iptu Rusiyanto menyampaikan, adalah untuk memberikan rasa aman, nyaman, dan memastikan keselamatan bagi pengguna jalan.

Dikatakan, lewat patroli tersebut Polres Jepara berupaya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) dan Harkamtibmas di wilayah Kabupaten Jepara ini.

“Kami berupaya membantu kelancaran arus lalu lintas saat pagi hari. Diharapkan bisa mempermudah masyarakat yang hendak bekerja dan memastikan anak-anak dapat menyeberangi jalan dengan aman,” tandasnya.

 

AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Polres Jepara, Kapolres Jepara, Kabupaten Jepara, Pemda Jepara, Jepara, Kapolda Jateng, Wakapolda Jateng, Kabidhumas Polda Jateng, Jateng