BeritaJelajah

Dear Pemudik, Waspada Titik Rawan Antrean di Exit Tol Pemalang

Pemalang – Exit Tol Pemalang disebut rawan antrean karena bertemu langsung dengan jalur Pantura Pemalang. Selain itu antrean bisa terjadi jika para pengendara tak siap dengan saldo e-toll.

Manajer operasional Pemalang Batang Toll Road (PBTR), Yulian Fundra Kurnianto menjelaskan, exit Tol Pemalang merupakan jalur keluar bagi kendaraan yang menuju di Pemalang serta wilayah selatan, seperti Purbalingga, Purwokerto, Wonosobo dan Banjarnegara. Di exit tol tersebut juga bertemu langsung dengan Jalur Pantura Pemalang, sehingga diakuinya memang rawan macet.

“Itu sebagai jalur untuk ke arah selatan, dari pengalaman sebelumnya. Akan terjadi penumpukan antrean ke exit tol karena banyak juga pengguna tol yang tidak mempersiapkan saldo e-toll, sehingga ada pelambatan,” ujar Yulian kepada media, Minggu (24/4/2022).

“Kita berharap pemudik via tol agar mempersiapkan saldo, sehingga saat tap (menempelkan kartu ke mesin), tidak memerlukan waktu lama. Ya kalau standarnya tap e-toll hanya sekitar 3-5 detik,” katanya.

Yulian menyebut, pemudik yang akan keluar dari exit tol harus cukup saldo e-toll, sehingga tidak menghambat kendaraan di belakangnya. “Ya hal pertama yang jelas harus cukup saldo, agar saat tap di exit tol tidak makan banyak waktu, sehingga tidak menghambat arus kendaraan di belakangnya,” katanya.

Pihaknya berharap tidak akan ada kemacetan atau antrean panjang di exit Tol Pemalang pada arus mudik tahun ini, mengingat saat ini sudah dibuka juga pintu exit Tol Pekalongan (Bojong). Selain itu, jalur pantai selatan juga sudah dibuka pada musim mudik 2022 ini.

“Untuk ke arah selatan, selain keluar di exit Pemalang, bisa juga di exit Pekalongan yang berada di Bojong,” katanya.

Exit Tol Pekalongan yang berada di wilayah Kecamatan Bojong ini, bisa mengarahkan pemudik ke jalur selatan tujuan Banjarnegara dan Wonosobo. Keluar exit Tol Pekalongan (Bojong), langsung ke arah Selatan untuk menuju ke Banjarnegara melalui jalan provinsi. Namun jika ke utara, akan masuk jalur Pantura, masuk Wiradesa Kabupaten Pekalongan.

Related Posts

1 of 277