Boyolali – Densus 88 Antiteror menangkap tiga terduga teroris di Kecamatan Sambi, Klego, dan Simo, Kabupaten Boyolali. Densus juga menggeledah rumah mereka untuk mencari barang bukti.
Informasi yang dihimpun detikJateng, Kamis (25/1), terduga teroris yang ditangkap itu berinisial TG (43) warga Desa Sambi, Kecamatan Sambi, NY, warga Desa Blagung, Kecamatan Simo, dan SW (45) warga Desa Bade, Kecamatan Klego.

Kepala Dusun (Kadus) 3 Desa Sambi, Kurnia Widyatmoko mengonfirmasi ada satu warganya yang ditangkap Densus.

Kurnia juga diminta mendampingi tim Densus saat menggeledah rumah TG. Penggeledahan berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB hingga 11.45 WIB. Penggeledahan itu juga disaksikan keluarga TG dan Ketua RT.

“Tadi yang diambil (tim Densus) buku-buku, matras, dan ransel,” kata Kurnia kepada wartawan. Buku yang disita jumlahnya mencapai belasan.

Menurut Kurnia, TG bekerja serabutan dan belakangan ini menjadi kuli bangunan.

“Kesehariannya baik orangnya. Kalau ketemu di jalan juga menyapa. Diajak guyon ya bisa,” ujar dia.

TG juga dikenal baik dalam kegiatan sosial di masyarakat. Dia juga sering hadir dalam acara pertemuan RT dan gotong royong.

Kepala Desa Blagung, Kecamatan Simo, Sukirin, juga mengonfirmasi satu warganya ditangkap Densus 88. Sukirin juga ikut menyaksikan saat tim Densus menggeledah rumah NY.

“Iya, tapi saya agak jauh. Tidak tahu persis dekatnya. Mau mendekat juga nggak berani,” kata Sukirin saat dihubungi via telepon.

Penggeledahan rumah NY berlangsung dari pukul 10.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Sukirin menyatakan tidak tahu soal barang apa saja yang disita dari rumah NY.

“Tidak begitu memperhatikan saya, karena jaraknya agak jauh. Saya menyaksikan dari agak kejauhan,” imbuh dia.

Menurut Sukirin, NY seperti masyarakat pada umumnya. Dia dikenal baik dengan masyarakat dan tidak tertutup.

“Nggak (tertutup). Itu sering ngobrol dengan saya. Artinya di sisi lahiriah sosial kemasyarakatannya baik-baik saja,” ucap Sukirin.

Terpisah, Camat Klego, Nuryadi mengatakan warganya yang ditangkap Densus berinisial SW (45), warga Desa Bade. Rumah SW digeledah pada pukul 12.30 WIB hingga pukul 13.10 WIB.

“Yang bersangkutan kerja swasta, reparasi elektronik,” kata Nuryadi kepada wartawan. Barang yang diamankan dari rumah SW di antaranya satu HP dan dua pisau lempar.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, #KerenTanpaKnalpotBrong, #JatengBebasKnalpotBrong, #StopKnalpotBrong