Desember 4, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah

Dibiayai Warganya secara Gotong Royong, Calon Kades Ini Viral di Instagram

Pemalang – Salah satu calon Kepala Desa di Kabupaten Pemalang yang diklaim dibiayai warganya secara gotong-royong viral di Instagram. Video yang diunggah akun @fakta indo tersebut saat ini telah ditonton 538.150 kali, disukai 33.279 dan mendapatkan 843 komentar dari netizen.

Tak hanya biaya kampanye, dalam video tersebut diterangkan sang calon Kades bahkan mendapat kiriman jajan, gula, teh, kopi, dan barang-barang lainnya dari warga.

Belakangan diketahui Calon Kades tersebut adalah Supriyanto. Supri mencalonkan diri dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Pemalang di desa Kertosari Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Dalam Pilkades tersebut, Ia mendapat nomor urut 01 dan akan “bertarung” melawan dua kandidat lainnya, yakni Nur Janah dan Abdul Hamid pada Pilkades di desanya pada hari ini, Minggu (9/10/2022).

Supri membenarkan ada gotong-royong warga yang menyumbang harta bendanya untuk kampanyenya pada Pilkades di Desa Kertosari. Dirinya bahkan merasa terharu dan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang telah membantunya.

“Saya terharu betul, apalagi tadi saat pengundian nomor urut semua datang dan saya tidak memberikan biaya apapun. Mereka secara ikhlas mendukung saya dan saya juga ingin mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya,” ujarnya.

Menurutnya, yang dilakukan pendukungnya tersebut semata-mata ingin calon yang didukungnya tidak punya beban untuk mengembalikan uang biaya kampanye.

“Warga ingin merubah paradigma bahwa Pilkades hanya sekedar politik uang atau ‘money politic untuk memenangkan calonnya’,”ungkapnya.

Terkait video viral di Instagram, Supriyanto menyampaikan, bahwa video tersebut diambil saat momen pengambilan nomor urut dan penyampaian visi misi di Balaidesa beberapa waktu lalu. Bahkan dirinya juga baru tahu video tersebut viral dari salah satu relawan pendukungnya. Saat dikonfirmasi, salah warga Kertosari pendukung Supriyanto, Imam mengaku rela menyumbangkan materi dan tenaga untuk Supriyanto.

Di matanya, Supriyanto adalah sosok calon pemimpin yang baik dan senang berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan.

“Setiap malam saya menjaga lingkungan saya untuk memastikan suara pendukung supriyanto,” tegasnya.